kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Saham AMMN Terus Meroket Usai IPO, Sekarang Saatnya Jual, Beli atau Tahan?


Senin, 11 September 2023 / 07:33 WIB
Harga Saham AMMN Terus Meroket Usai IPO, Sekarang Saatnya Jual, Beli atau Tahan?
ILUSTRASI. Harga Saham AMMN Terus Meroket Usai IPO, Sekarang Saatnya Jual, Beli atau Tahan?


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) terus meroket sejak penawaran perdana atau initial public offering (IPO). Dengan kenaikan harga tersebut, investor sebaiknya jual atau beli saham AMMN?

Harga saham AMMN pada perdagangan Jumat 8 September 2023 ditutup di level 5.600, naik 200 poin atau 3,70% dibandingkan sehari sebelumnya. Pada perdagangan pekan lalu, harga saham AMMN terakumulasi naik 840 poin atau 17,65%.

Tren kenaikan harga saham AMMN ini sudah berlangsung sejak IPO. IPO saham AMMN berlangsung pada 7 Juli 2023 dengan harga Rp 1.695.

Dengan demikian, harga saham AMMN sudah meningkat 3,3 kali lipat dibandingkan harga IPO. Walhasil, investor yang memiliki saham AMMN sejak IPO sudah mengantongi keuntungan 230,38%.

Lalu, apakah sekarang saatnya jual saham AMMN? Atau bagi investor yang ingin memiliki, apakah saham AMMN masih layak beli?

Baca Juga: Para Bos Borong Saham Sendiri, Cek Daftar Saham yang Bisa Dibeli Investor Ritel

Pengamat Pasar Modal dan Founder WH Project William Hartanto menilai, meski sudah melesat tinggi, harga saham AMMN saat ini belum menyentuh puncak. “Namun untuk membeli di harga sekarang harus sadar bahwa risiko pasti sudah lebih tinggi,” kata William.

Investor bisa melakukan buy on weakness, dengan mengincar saat terjadi koreksi di area indikator MA20.

Menurut Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Muhammad Nafan Aji Gusta, secara teknikal, pergerakan harga saham AMMN masih dalam kategori bullish dan membentuk pola three outside up candlestick pattern. Pola ini mengindikasikan adanya potensi reli penguatan lanjutan. Nafan merekomendasikan maintan buy AMMN dengan rentang harga Rp 5.225 sampai Rp 5.525.

Asal tahu, melesatnya harga saham AMMN turut membuat kapitalisasi pasar atau market capitalization (market caps) AMMN semakin tambun. Per perdagangan Kamis (7/9), market caps anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) ini sudah menembus angka Rp 388,35 triliun. Alhasil, kini AMMN menjadi emiten dengan market caps terbesar kelima di jagad Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebelumnya, Nafan menilai, melesatnya kapitalisasi pasar saham AMMN tidak terlepas dari euforia saham ini pasca-IPO. Dari sisi emisi, IPO AMMN adalah yang terbesar di BEI sepanjang tahun ini.

Di sisi lain, Nafan juga menilai prospek bisnis dan kinerja fundamental AMMN cukup apik, yang tercermin dari raihan laba bersih AMMN yang mencapai US$1,09 miliar atau setara dengan Rp16,99 triliun pada 2022. Selain itu, secara valuasi, harga IPO AMMN kala itu juga cukup terjangkau, dengan price to earnings ratio (PER) sekitar 7 kali. Valuasi yang terjangkau ini tentu menarik minat pasar.

‘Secara prospek, AMMN adalah pemilik tambang emas terbesar kedua setelah Freeport. Jadi otomatis menarik pasar,” kata Nafan.

 

Dalam prospektus IPO AMMN, laporan Wood Mackenzie Copper and Gold Markets and Asset Benchmarking Report yang terbit pada Mei 2022 menyebut tambang Batu Hijau milik AMMN adalah produsen tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, setelah tambang Grasberg yang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia. Batu Hijau juga memiliki cadangan tembaga terbesar kelima di dunia apabila dikombinasikan dengan Cebakan Elang.

Tambang Batu Hijau merupakan tambang tembaga dan emas terbuka konvensional. Bijih dari tambang diproses menjadi konsentrat tembaga, yang juga mengandung emas dan perak sebagai mineral pengikutnya.

Itulah rekomendasi saham AMMN untuk perdagangan hari ini, Senin 11 September 2023. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×