kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,72   -11,79   -1.28%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Saham CUAN Terus Meroket Ribuan Persen, Investor Harus Jual atau Beli?


Rabu, 16 Agustus 2023 / 11:47 WIB
Harga Saham CUAN Terus Meroket Ribuan Persen, Investor Harus Jual atau Beli?
ILUSTRASI. Meski sudah melesat tinggi, William menillai harga saham CUAN belum mencapai puncak jika tren kenaikan masih berlanjut.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham CUAN dari PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk terus meroket sejak melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tak tanggung-tanggung, kenaikan harga saham CUAN sudah di atas 1.000% sejak initial public offering (IPO). Lalu,  investor sebaiknya jual, beli atau menahan saham CUAN?

IPO saham CUAN berlangsung pada 8 Maret 2023. Pada perdagangan Selasa 15 Agustus 2023, harga saham CUAn ditutup di level 2.490.  Dengan demikian, sejak IPO saham CUAN telah meningkat 1.031,81%.

Pada perdagangan hari ini, Rabu 16 Agustus 2023, harga saham CUAN pun masih meningkat. Pada pembukaan pasar, harga saham CUAN naik 40 poin ke level 2.530.

Founder WH Project dan Pengamat Pasar Modal William Hartanto menilai, salah satu penyebab melesatnya saham CUAN adalah faktor nama besar taipan Prajogo Pangestu dan histori saham-sahamnya yang naik signifikan. Adapun Prajogo tercatat memiliki 9,56 miliar saham CUAN atau setara 85,06%.

Selain itu, kenaikan  harga saham CUAN juga bisa disebabkan oleh katalis positif masuknya saham CUAN ke dalam MSCI Small Cap Indexes List yang berlaku 1 September 2023. 

“Namun kalau harga sudah naik sebelum munculnya suatu sentimen, maka perlu waspada adanya sell on fact,” kata William, Selasa (15/8).

Asal tahu saja, kenaikan harga yang gila-gilaan membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan saham CUAN pada perdagangan Selasa (15/8).

“Dalam rangka cooling down, Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk Penghentian sementara perdagangan Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) di Pasar Reguler dan Pasar Tunai,” tulis Yulianto Aji Sadono, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Selasa (15/8).

Memang, saham CUAN bergerak cukup liar dalam waktu belakangan ini. Kemarin (14/8), saham CUAN bahkan melesat 24,81%. Dalam waktu tiga bulan perdagangan, saham CUAN melambung 176,67%.

Meski sudah melesat tinggi, William menillai harga saham CUAN belum mencapai puncak jika tren kenaikan masih berlanjut. Dalam artian, tingkat risko pasti tinggi karena kenaikan saham CUAN sudah cukup fantastis. 

“Namun bukan berarti sudah harus turun. Terkadang tren bisa berjalan terus untuk waktu yang lama. Oleh karena itu jika hanya sekadar mengikuti tren saja, menurut saya masih bisa dilakukan,” sambung dia.

Sehingga, pelepasan saham CUAN bisa dilakukan bertahap sambil terus mengikuti arah tren.

Itulah rekomendasi saham CUAN untuk perdagangan hari ini, Rabu 16 Agustus 2023. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham CUAN di atas menjadi tangung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×