kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Harga minyak turun tipis, stok minyak AS membesar karena impor


Jumat, 29 Mei 2020 / 07:56 WIB
Harga minyak turun tipis, stok minyak AS membesar karena impor
ILUSTRASI. Harga minyak turun tipis setelah sempat menguat sehari.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak turun tipis setelah sempat menguat sehari. Jumat (29/5) pagi pukul 7.43 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2020 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 33,43 per barel, turun 3,69% ketimbang harga penutupan perdagangan kemarin.

Sejalan, harga minyak Brent untuk pengiriman Juli 2020 di ICE Futures pun turun 0,59% ke US$ 35,08 per ons troi. Kemarin, harga minyak acuan internasional ini naik 1,58%.

Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa persediaan minyak mentah naik tajam pada pekan lalu. Stok minyak mentah AS naik 7,9 juta barel dalam sepekan hingga 22 Mei. Kenaikan ini terjadi karena besarnya impor.

Baca Juga: Harga BBM dalam negeri dinilai manipulatif, kenapa?

Dengan tambahan ini, total stok minyak AS, di luar cadangan strategis, mencapai 534,4 juta barel. Angka persediaan ini hanya 1 juta barel lebih rendah daripada rekor tertinggi. Realisasi ini jauh dari prediksi analis yang meramalkan penurunan stok minyak 1,9 juta barel.

Persediaan minyak di Cushing, Oklahoma yang menjadi pusat pengiriman minyak berjangka turun 3,4 juta barel pekan lalu.

Dalam sepekan, harga minyak cenderung flat. "Pada umumnya, harga minyak saat ini mengindikasikan lebih banyak optimisme daripada industri," kata Regina Mayor, global and US head of energy KPMG kepada Reuters.

Baca Juga: Harga emas naik lagi, klaim pengangguran AS dan politik Hong Kong menjadi penyokong

"Reli harga minyak masih bisa terjadi. Tapi reli ini bisa berubah jika ada penurunan permintaan yang belum sepenuhnya pulih di tengah suplai global yang tinggi," kata Gene McGillian, vice president of market research Tradition Energy kepada Reuters.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×