kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak memanas pada Rabu (5/5) pagi, imbas pelonggaran penguncian di AS


Rabu, 05 Mei 2021 / 07:16 WIB
Harga minyak memanas pada Rabu (5/5) pagi, imbas pelonggaran penguncian di AS


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak melonjak pada awal perdagangan Rabu (5/5). Pukul 07.05 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2021 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 66,28 per barel, naik 0,89% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 65,69 per barel. Harga minyak naik ke level tertingginya sejak pertengahan Maret.

Kenaikan harga minyak didorong oleh pelonggaran penguncian oleh negara-negara bagian di Amerika Serikat dan Uni Eropa berusaha menarik para pelancong. Meski nbegitu, lonjakan kasus Covid-19 di India membuat kenaikan harga minyak menjadi terbatas.

"Pasar optimistis memasuki hari, didorong oleh pergerakan penerbangan antara AS dan Eropa," kata Phil Flynn, analis senior di Price Futures Group di Chicago seperti dikutip Reuters. 

Permintaan bahan bakar diesel, termasuk jet, menderita selama pandemi, membebani pasar minyak global.

Baca Juga: Harga minyak mentah kompak menguat hampir 2%, ini penyebabnya

Para analis mengungkap, kenaikan harga minyak didukung oleh prospek kenaikan permintaan bahan bakar karena negara bagian New York, New Jersey dan Connecticut berupaya meredakan pandemi dan rencana Uni Eropa untuk terbuka bagi pengunjung asing yang telah divaksinasi.

"Kekuatan pasar saham kemarin diikuti sampai pagi ini di pasar minyak ... pasar berfokus pada peluncuran program vaksin yang berhasil di AS dan di negara maju lainnya dan bukan pada kehancuran di India dan Brasil."

Pedagang melihat tanda-tanda lebih lanjut dari meningkatnya permintaan minyak mentah AS dalam data persediaan American Petroleum Institute (API) yang dirilis Selasa malam. Data menunjukkan, stok minyak mentah turun 7,7 juta barel dalam pekan yang berakhir 30 April. Persediaan bensin turun 5,3 juta barel dan stok distilasi turun 3,5 juta barel, menurut sumber, yang berbicara tanpa menyebut nama. 
Statistik mingguan Administrasi Informasi Energi AS akan dirilis Rabu.

Lima analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah AS turun 2,2 juta barel dalam sepekan hingga 30 April. Persediaan minyak naik dalam dua pekan sebelumnya.

"Perkiraan permintaan yang kuat untuk paruh kedua tahun 2021 memberikan kursi bullish bagi pedagang untuk mendorong reli, tidak membiarkan reaksi harga negatif yang kuat berlarut-larut, bahkan pada saat krisis, seperti yang baru-baru ini terjadi di India," kata Rystad Analis energi Louise Dickson.

"Faktanya, melihat keseimbangan ke depan, harga kemungkinan akan naik lagi menjadi sekitar $ 70 per barel dalam beberapa bulan mendatang, kecuali kita melihat perubahan kebijakan lain oleh OPEC +."

Selanjutnya: Harga minyak naik, laba Aramco melonjak di kuartal pertama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×