kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Turun 1% Selasa (7/11), Brent ke US$84,26 dan WTI ke US$79,95


Selasa, 07 November 2023 / 16:01 WIB
Harga Minyak Dunia Turun 1% Selasa (7/11), Brent ke US$84,26 dan WTI ke US$79,95
ILUSTRASI. Harga minyak dunia


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak tergelincir 1% pada hari Selasa (7/11), menghapus sebagian besar kenaikan pada hari Senin (6/11) kemarin.

Data ekonomi yang beragam dari konsumen minyak terbesar kedua di dunia China dan kekhawatiran permintaan musim dingin mengimbangi dampak Arab Saudi dan Rusia yang memperpanjang pemangkasan produksi.

Melansir Reuetrs, harga minyak mentah Brent tergelincir 92 sen atau 1,08% menjadi US$84,26 per barel pada pukul 0714 GMT, sedikit pulih setelah penurunan US$1 sebelumnya.

Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berada di US$79,95 per barel, turun 87 sen atau 1,08%.

Baca Juga: Harga Minyak Merangkak Naik, Pemangkasan OPEC+ Masih Berpengaruh Kuat

Kedua patokan tersebut naik sekitar 30 sen pada hari Senin setelah eksportir utama Arab Saudi dan Rusia menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengurangi pasokan minyak secara sukarela hingga akhir tahun.

Sementara impor minyak mentah China menunjukkan pertumbuhan yang kuat baik secara tahunan maupun bulanan pada bulan Oktober. Total ekspor negara ini masih mengalami kontraksi dengan laju yang lebih cepat dari yang diperkirakan, mencerminkan lemahnya permintaan global.

"Data ekspor China terlihat lebih buruk daripada yang diperkirakan, tetapi permintaan domestik mungkin meningkat," kata analis CMC Markets yang berbasis di Shanghai, Leon Li.

Ekspektasi pengurangan produksi minyak mentah oleh perusahaan-perusahaan penyulingan yang berbasis di China antara bulan November dan Desember dapat membatasi permintaan minyak dan memperparah penurunan harga.

Kekhawatiran bahwa musim dingin yang lebih hangat dari perkiraan dapat membatasi permintaan energi dan bahan bakar juga membebani harga.

"Musim dingin tahun ini di belahan bumi utara relatif hangat, yang telah mengurangi konsumsi bahan bakar sampai batas tertentu," kata Li dari CMC Markets.

Baca Juga: Perang Israel-Palestina Berkecamuk, Pemerintah Waspadai Lonjakan Harga Minyak

Melihat ke depan dari sisi suplai, pasar sedang menunggu untuk melihat berapa lama Arab Saudi dan Rusia siap untuk mengendalikan produksi.

Dengan mempertimbangkan lemahnya permintaan global, OPEC+ kemungkinan tidak akan terburu-buru untuk membalikkan pengurangan produksi minyak saat komite pemantauan bersama tingkat menteri bertemu pada 26 November, ujar analis pasar senior OANDA Kelvin Wong.

"Yang akan lebih menarik bagi pasar adalah apakah mereka akan memperpanjang pemangkasan ini hingga awal 2024 atau mulai mengembalikan produksi ini. Kita akan mendapatkan kejelasan mengenai hal ini pada awal Desember," analis ING menambahkan.

Arab Saudi mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa mereka akan melanjutkan pemangkasan sukarela tambahan sebesar 1 juta barel per hari (bph), yang berarti produksi sekitar 9 juta bph untuk bulan Desember.

Moskow juga mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan pengurangan suplai sukarela tambahan sebesar 300.000 bph dari ekspor minyak mentah dan produk minyak bumi hingga akhir Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×