kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik Seiring Ekspektasi Penurunan Suku Bunga AS


Kamis, 06 Juni 2024 / 16:16 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Seiring Ekspektasi Penurunan Suku Bunga AS
ILUSTRASI. A flare burns excess natural gas in the Permian Basin in Loving County, Texas, U.S. November 23, 2019. REUTERS/Angus Mordant//File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak melanjutkan kenaikannya pada hari Kamis (6/6) dengan dukungan dari meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga The Fed pada bulan September.

Bahkan ketika kenaikan tersebut dibatasi oleh rencana OPEC+ untuk meningkatkan pasokan dan persediaan Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent diperdagangkan naik 57 sen atau 0,7% menjadi US$78,98 per barel pada 0815 GMT.

Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 62 sen atau 0,8% menjadi US$74,69.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Terus Naik Kamis (6/6) Pagi, Brent ke US$78,72 & WTI ke US$74,48

Patokan minyak naik lebih dari 1% pada hari Rabu, pulih setelah merosot hampir US$8 per barel selama lima sesi hingga Selasa.

Hampir dua pertiga ekonom kini memperkirakan The Fed akan menurunkan suku bunga pada bulan September, menurut jajak pendapat Reuters pada tanggal 31 Mei-5 Juni, mengimbangi berita penurunan pasokan baru-baru ini.

Suku bunga yang lebih rendah menurunkan biaya pinjaman, yang dapat memberi insentif pada kegiatan ekonomi dan meningkatkan permintaan minyak.

Namun, kemungkinan penurunan suku bunga berpotensi diperlemah oleh aktivitas sektor jasa AS, yang menyumbang sebagian besar output perekonomian AS, yang kembali tumbuh pada bulan Mei setelah mengalami kontraksi pada bulan April.

Harga masih menuju penurunan mingguan sekitar 3%, terbebani oleh keputusan pasokan terbaru dari OPEC+, yang merupakan kelompok anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya.

Kelompok tersebut pada hari Minggu sepakat untuk memperpanjang sebagian besar pengurangan produksi minyak mereka hingga tahun 2025.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Menguat 1% Disokong Potensi Penurunan Suku Bunga The Fed

Namun memberikan ruang bagi pemotongan sukarela dari delapan anggota untuk dibatalkan secara bertahap, mulai bulan Oktober.

“Pasar minyak bereaksi berlebihan terhadap hasil pertemuan OPEC+ yang agak negatif. Indikator permintaan memang agak melemah akhir-akhir ini, namun tidak jatuh drastis,” tulis analis Barclays, Amarpreet Singh, dalam sebuah catatan.

Sekretaris Jenderal OPEC Haitham Al Ghais membela penyesuaian baru-baru ini terhadap kesepakatan produksi minyak OPEC+ dan menyatakan optimisme terhadap berlanjutnya permintaan yang kuat.

Rusia memperkirakan permintaan minyak global akan meningkat secara bertahap dan tidak akan mencapai puncaknya dalam waktu dekat, kata Wakil Perdana Menteri Alexander Novak.

“Sentimen bearish juga diperkirakan akan terjadi karena ekspektasi melemahnya permintaan karena meningkatnya persediaan,” kata Emril Jamil, analis senior minyak mentah di LSEG Oil Research.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Indonesia (ICP) Mei 2024 Ditetapkan Sebesar US$ 79,78 Per Barel

Secara terpisah, Arab Saudi memangkas harga jual resmi (OSP) untuk minyak mentah bulan Juli di tengah menurunnya standar harga minyak mentah Timur Tengah dan melemahnya margin keuntungan bagi perusahaan penyulingan di Asia.

Sementara itu, stok minyak mentah AS melonjak 1,2 juta barel dalam sepekan hingga 31 Mei sementara para analis memperkirakan penurunan sebesar 2,3 juta barel, data dari Badan Informasi Energi AS menunjukkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×