kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45796,59   20,69   2.67%
  • EMAS934.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Harga emas sedikit terkoreksi, meski masih dekat dengan rekor US$ 1.800 per ons troi


Rabu, 01 Juli 2020 / 08:20 WIB
Harga emas sedikit terkoreksi, meski masih dekat dengan rekor US$ 1.800 per ons troi
ILUSTRASI. Emas batangan

Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas terkoreksi setelah naik tinggi kemarin. Rabu (1/7) pukul 08.10 WIB, harga emas untuk pengiriman Agustus 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.797,30 per ons troi, turun 0,17% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.800,50 per ons troi.

Kemarin, harga emas melonjak ke level tertingginya selama hampir 8 tahun karena meningkatnya kekhawatiran akan peningkatan kasus virus corona yang membuat permintaan safe haven naik.

Baca Juga: Tembus US$ 1.800, harga emas cetak rekor tertinggi sejak 2011

Meski terkoreksi, emas kini masih mendekati level US$ 1.800 per ons troi. Sebab, emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, menuju kenaikan bulan ketiga, didorong oleh langkah-langkah stimulus untuk mendukung ekonomi yang hancur oleh pandemi.

"Fundamental bullish yang mendasari asar emas tetap ada dan itu termasuk Covid-19 yang masih mendorong permintaan safe haven, stimulus bak sentral yang telah membuat harga emas mencetak rekor dan dapat menyebabkan inflasi di masa depan," kata analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff seperti dikutip Reuters.

Beberapa negara bagian AS kembali menutup bisnisnya setelah sempat dibuka demi memerangi lonjakan kasus. 

Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell pada hari Senin mengatakan prospek ekonomi AS sangat tidak pasti. "Imbal hasil AS terus menggiling lebih rendah dan akibatnya adalah tingkat riil mencetak rekor terendah baru yang telah meningkatkan logam mulia," kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities. 

Baca Juga: Jadi instrumen paling cuan, emas bakal jadi jawara hingga akhir 2020

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×