kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas ke puncak 1,5 bulan, kemenangan Joe Biden kian terbuka


Jumat, 06 November 2020 / 05:24 WIB
Harga emas ke puncak 1,5 bulan, kemenangan Joe Biden kian terbuka
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas melonjak ke puncak satu setengah bulan pada hari Kamis (5/11) karena meningkatnya prospek kemenangan Joe Biden dalam pemilu Amerika Serikat (AS).  Mendorong lebih dekat dengan harapan untuk stimulus yang lebih besar dan menekan dolar.

Melansir Reuters, harga emas spot melonjak 2,3% menjadi US$ 1.947,16 per ons troi, setelah mencapai level tertinggi sejak 21 September di US$ 1.952.41. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 2,9% menjadi US$ 1.951,80.

“Sepertinya semakin jelas bahwa kita akan memiliki presiden Demokrat tahun depan,” kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS.

Baca Juga: Dow Jones melonjak lebih 500 poin, Wall Street menuju pekan terbaiknya sejak April

Menurutnya hal itu akan memastikan rencana stimulus yang lebih besar dan membebani dolar.

Pasar saham global melonjak, sementara dolar jatuh ke level terendah dua pekan karena Biden beringsut menuju Gedung Putih menyusul kemenangan di Michigan dan Wisconsin.

Biden diperkirakan akan memberlakukan langkah-langkah stimulus yang lebih besar ketimbang Presiden AS Donald Trump, meskipun investor tetap waspada bahwa Kongres yang terpecah dapat menghalangi kebijakan fiskal Biden.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, yang kemungkinan besar diakibatkan oleh stimulus yang besar.

Sementara itu, Federal Reserve menahan suku bunga pinjaman jangka pendek mendekati nol, menandai ekonomi tumbuh tetapi tidak dekat dengan laju sebelum pandemi virus corona melanda.

“Kami akan mendengar verbiage dari Fed yang berteriak untuk paket stimulus tambahan,” kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

Baca Juga: Emas bisa menjadi komoditas yang paling melejit selepas pemilu AS

Pedagang juga mempelajari tuntutan hukum yang diajukan oleh tim kampanye Trump di Michigan dan Pennsylvania untuk menghentikan penghitungan suara.

"Di luar pemilihan AS, latar belakang makro yang lebih luas tetap mendukung kenaikan harga emas mengingat ekspektasi kami akan melemahnya dolar lebih lanjut, suku bunga riil tetap negatif dan stimulus lebih lanjut," kata analis Standard Chartered Suki Cooper.

Logam mulia lainnya juga membukukan kenaikan tajam, dengan perak naik 4,5% menjadi US$ 24,99 per ons troi. Harga platinum naik 3,4% menjadi US$ 898,71 dan paladium naik 5,2% menjadi US$ 2.408,61.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×