kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Dunia Cetak Rekor Lagi Seturut Kejelasan Arah Suku Bunga The Fed


Kamis, 21 Maret 2024 / 14:47 WIB
Harga Emas Dunia Cetak Rekor Lagi Seturut Kejelasan Arah Suku Bunga The Fed
ILUSTRASI. Pedagang menata perhiasan emas di sentral penjualan emas di pusat Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (7/8/2019).Harga Emas Dunia Cetak Rekor Lagi Seturut Kejelasan Arah Suku Bunga The Fed.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Emas kembali cetak rekor harga tertinggi sepanjang masa alias All Time High (ATH). Penguatan harga emas terjadi seiring melemahnya dolar Amerika Serikat (AS).

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, harga emas dunia mencapai level tertingginya di US$ 2.222 per ons troi pada Kamis (21/3) pukul 00.00 WIB.

Lonjakan harga ini sejalan dengan Federal Reserve (The Fed) Amerika yang mempertahankan suku bunga acuan di pertemuan FOMC bulan Maret 2024.

Baca Juga: Harga Emas Diprediksi Turun Jelang Pertemuan The Fed, Kamis (21/3)

Di samping itu, Ibrahim bilang, testimoni bank sentral AS yang menarik bagi pelaku pasar adalah kemungkinan besar inflasi Amerika akan mengalami penurunan dari bulan ke bulan.

Sehingga, bank sentral AS dinilai sangat wajar akan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali sebesar 75 bps di semester kedua 2024. “Harga emas dunia capai level tertinggi penyebabnya adalah bank sentral mempertahankan suku bunga,” kata Ibrahim dalam keterangannya, Kamis (21/3).

Ibrahim menambahkan, kenaikan harga emas turut didukung aksi Bank of Japan (BoJ) yang sebelumnya mempertahankan suku bunga negatif, kini telah memulai tonggak baru dalam pemerintahan dengan mengerek suku bunga pada Senin (18/3).

Anggota dewan Bank of Japan memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 10 bps dari -0,1% menjadi 0% untuk pertama kalinya sejak 2007. Bank sentral Jepang mengakhiri era suku bunga negatif yang dimulai pada 2016.

Baca Juga: Harga Emas Tergelincir Penguatan Dolar AS, Pertemuan Bank Sentral Jadi Fokus

Selain itu, minat emas semakin meninggi karena eskalasi konflik meningkat di Timur Tengah. Seperti diketahui, Menteri Israel menyatakan bahwa 10 hari sebelum lebaran idul fitri akan terjadi penyerangan di kawasan Masjidil Aqso.

Ibrahim melihat, pernyataan pemerintah Israel tersebut memicu kemarahan besar di seluruh dunia. Pertanyaan ini sekaligus dimanfaatkan para spekulan besar untuk kembali menginvestasikan aset di aset lindung nilai (safe haven asset) terutama di emas.

“Jadi wajar kalau seandainya emas saat ini mendahului kenaikan yang akan terjadi di akhir tahun,” jelas Ibrahim.

Oleh karena itu, Ibrahim mencermati bakal ada perubahan lagi untuk target harga tertinggi emas selanjutnya di akhir tahun 2024. Sementara dalam jangka pendek, emas diprediksi bakal menembus level US$ 2.250 per ons troi.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini, Senin (18/3/2024) Stagnan

Menurut analis Deu Calion Futures (DCFX), Andrew Fischer, harga emas cenderung akan mengalami kenaikan, setelah keputusan penting dalam pertemuan Fed pagi tadi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×