kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Empat Hari Libur Lebaran, IHSG dan Rupiah Anjlok Tajam


Senin, 06 Oktober 2008 / 21:36 WIB
Empat Hari Libur Lebaran, IHSG dan Rupiah Anjlok Tajam
ILUSTRASI. Petugas Teller PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menghitung uang kertas di salah satu Kantor Cabang Bank BTN Jakarta, Senin (18/5). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Bank BTN mengaloka


Sumber: KONTAN | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Di hari pertama perdagangan Bursa efek Indonesia pasca Lebaran hari ini (6/10), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah sama-sama anjlok ke level terendahnya sepanjang tahun ini.

IHSG terjun bebas ke level 1.648 atau anjlok 183,77 poin alias 10,03% dari penutupan hari Senin (29/9). Angka ini merupakan penurunan terbesar dibandingkan semua bursa saham global maupun regional. Kondisi ini diperburuk lagi dengan anjloknya nilai rupiah ke level Rp 9.575 atau turun 0,1% dari penutupan hari terakhir perdagangan minggu lalu.

Meski tidak seburuk kondisi JCI, kondisi bursa saham regional dan global juga tertekan cukup hebat. Indeks Dow Jones saja, pada hari ini juga anjlok 157,47 poin atau turun 1,5% menjadi 10325,38. Bursa Hang Seng tergerus 878,64 poin atau 4,97% menjadi 16803,76. Sementara Nikkei anjlok 465,05 poin atau 4,25% menjadi 10473,09. Sedangkan Kospi turun 4,29% dan bertengger di level 1358,75.

Para analis menilai, anjloknya IHSG lebih disebabkan adanya akumulasi dari koreksi bursa selama libur panjang."Kalau diakumulasi, kondisi bursa regional total selama kita libur juga terkoreksi sekitar 7 sampai 10%," kata pengamat pasar modal Panin Sekuritas Arief Sagita. Karena itu, adalah hal yang wajar jika pada saat perdagangan kembali dibuka, IHSG langsung terkoreksi dengan akumulasi minus libur selama empat hari.

Selain itu, jatuhnya harga minyak hingga menembus level terendah sepanjang tahun ini juga ikut membuat bursa kita semakin merah. "Perlambatan ekonomi AS membuat permintaan terhadap minyak turun sehingga harganya pun ikut tertekan," kata Analis BumiPutera Capital Ridwan Novayanto.

Selanjutnya, perdagangan di lantai bursa juga diwarnai aksi panik investor yang melakukan jual untuk mengurangi kerugian. Selain itu, investor asing juga banyak yang keluar dari pasar dan menukar dolarnya. Alhasil, nilai dolar pun semakin menguat.  Ekonom BNI Tony Prasentiantono menilai reaksi yang berlebihan dari para pelaku pasar di awal perdagangan membuat rupiah anjlok. Selain itu, adanya kesulitan likuiditas masih mewarnai pelemahan Rupiah.

"Bank Indonesia (BI) jadi kesulitan menjaga rupiah tetap stabil karena sentimen global yang sangat besar," kata Tony. Akibatnya,  rupiah menembus level Rp 9.575. Tony menilai BI punya peran penting untuk mengendalikan rupiah dengan menaikkan suku bunga nantinya hingga 25 basis poin.

Sementara Analis Valbury Asia Futures Nico Omer Jockenhere menilai, rupiah malah bisa melemah hingga Rp 9.650. Pelaku pasar khawatir turunnya harga minyak akan membuat impor cukup tinggi sehingga defisit perdagangan akan meningkat dan inflasi akan lebih tinggi lagi nantinya. Selain itu, mata uang Eropa dan regional umumnya juga ikut melemah. "Belum ditemukannya solusi dari masalah resesi Eropa membuat euro ikut melemah," kata Nico.

Hal itu, dibenarkan analis Tehnikal Overseas Securities, Tasrul. Tasrul mengatakan, gabungan antara adanya sentimen negatif dari pasar AS dan Eropa, jatuhnya harga komoditas, serta resiko sistematis dari resesi AS membuat IHSG semakin tertekan. Bahkan, besok, indeks masih bisa turun hingga 1.592. "Keputusan AS menurunkan atau mempertahankan tingkat suku bunganya akan ikut berpengaruh pada kondisi perekonomian regional dan bursa kita" kata Tasrul.

Komoditas Ikut Anjlok ke Level Terendah

Selain rupiah, harga komoditas hari ini juga ikut jatuh ke level paling rendah sepanjang tahun. Harga minyak bahkan sempat menembus US$ 88 per barel, meski kemudian ditutup di level US$ 90,40 per barel. Sementara minyak kelapa sawit atau CPO anjlok dan bertengger di level US$ 533,33 per ton. "Anjloknya harga komoditas otomatis membuat indeks kita tambah tertekan," kata Ridwan.

Selanjutnya aksi pelaku pasar yang panik membuat kondisi bursa tambah keruh akibat maraknya aksi tekanan jual. "Banyak saham yang auto reject hari ini," Kata Ridwan. Asal tahu saja, tak kurang dari 15 saham perusahaan yang terdaftar dalam bursa memang sempat terkena penghentian perdagangan saham otomatis atau auto rejection kemarin. 15 saham itu diantaranya didominasi oleh saham-saham milik Bakrie seperti BUMI, UNSP, ELTY, BNBR, ENRG dan BTEL. Sedangkan sisanya merupakan  saham-saham pertambangan dan perkebunan seperti BISI, MTFN, INTA, BYAN, HEXA, SULI, TRIL, PTBA dan ITMG.

Sementara itu, Ketua Bapepam-LK, Ahmad Fuad Rahmany mengatakan di tengah situasi pasar yang masih tidak menentu, Fuad menyarankan investor tidak panik. Ia menengarai, sudah banyak hedge fund yang angkat kaki dari bursa. "Indeks yang sekarang ini sebetulnya sudah menggambarkan situasi yang lebih stabil," ujar Fuad.

Kini indeks sangat bergantung dari sikap para investor domestik. "Soalnya pasar kita itu kan ditentukan oleh domestik investor kita, kalau mereka nggak panik, ya selamat kita," ujar Fuad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×