kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   -13.000   -0,85%
  • USD/IDR 16.200   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Ekspansi Kimia Farma terganjal regulasi di Vietnam


Senin, 10 Februari 2014 / 18:52 WIB
Ekspansi Kimia Farma terganjal regulasi di Vietnam
ILUSTRASI. Promo Rabu Ganteng Natasha Periode September 2022.


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Keinginan PT Kimia Farma (Persero) Tbk menguasai pangsa pasar Vietnam agaknya mesti tertunda. Rencana ekspansinya itu terhambat sejumlah regulasi di negara setempat.

Rusdi Rosman, Direktur Utama KAEF mengatakan, perseroan berencana mendirikan apotek di Vietnam dengan menggandeng partner lokal. Rencana itu sudah diupayakan sejak tahun lalu.

"Ternyata regulasi pemerintah di sana agak sulit apalagi untuk mendirikan apotek. Ini masih diupayakan," ujarnya ke KONTAN, Selasa (10/2).

KAEF berharap banyak dari ekspansi di Vietnam ini. Soalnya, KAEF ingin memperbesar pasar ekspor. Apalagi, anggaran untuk membuka satu apotek di Vietnam tergolong tak mahal, hanya Rp 1,5 miliar per apotek.

Pendapatan awal dari satu apotek modern itu ditaksir mencapai Rp 10 miliar per tahun. Belum lagi pendapatan dari distribusi ekspor. Nantinya, KAEF berharap bisa mendapat porsi mayoritas dengan perusahaan lokal di Vietnam. Kalau berhasil, KAEF bisa membuka 5 hingga 10 apotek di negara itu.

Namun, jika tidak bisa mendirikan apotek di Vietnam, KAEF berharap bisa tetap memperbesar penjualan produknya di negara tersebut. Selama ini, KAEF sudah mengekspor beberapa produknya ke Vietnam dalam skala kecil. KAEF berharap bisa mendapat berkah tambahan dari perluasan pasar ekspor.

Dia menjelaskan, pangsa pasar farmasi di Vietnam jauh lebih tinggi daripada di Thailand dan Malaysia. Apalagi, produk KAEF sudah dikenal masyarakat setempat.

Ekspansi regional KAEF cukup efektif. Misalnya saja KAEF sudah membuka apotek di Malaysia dengan anggaran sekitar Rp 20 miliar. Ekspansi regional cukup membuat pendapatan ekspor KAEF melejit.

"Penjualan ekspor kira-kira naik 250% di tahun 2013. Namun, kontribusinya ke pendapatan masih di bawah 5%. Harapannya bisa lebih besar lagi," lanjutnya.

Tahun ini, KAEF menganggarkan belanja modal sebesar Rp 660 miliar. Pengembangan usaha terbesar adalah pembangunan pabrik baru di Banjaran senilai Rp 200 miliar.

Pendanaannya akan berasal dari kas internal, pinjaman perbankan dan penerbitan Medium Term Notes (MTN). "Kami masih ada dana internal Rp 360 miliar yang bisa digunakan, termasuk untuk ekspansi regional" tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×