kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dolar AS Melemah Jumat (1/12) Pagi, Dibayangi Prospek Penurunan Suku Bunga


Jumat, 01 Desember 2023 / 08:45 WIB
Dolar AS Melemah Jumat (1/12) Pagi, Dibayangi Prospek Penurunan Suku Bunga
ILUSTRASI. Dolar AS


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Dolar Amerika Serikat (AS) melemah dan euro mengalami penurunan tajam pada hari Jumat (1/12). Para trader mempertimbangkan data inflasi yang menurun, memicu ekspektasi bahwa suku bunga The Fed telah mencapai puncaknya dan bank-bank sentral akan segera mulai menurunkan suku bunga.

Melansir Reuters, indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang lainnya, turun 0,145% pada 103,30, setelah mencatat kinerja bulanan terlemahnya dalam satu tahun di bulan November, meskipun sempat melonjak 0,6% semalam.

Data pada hari Kamis (30/11) menunjukkan, belanja konsumen AS naik moderat pada bulan Oktober, sementara kenaikan inflasi tahunan merupakan yang terkecil dalam lebih dari 2,5 tahun.

Baca Juga: Rupiah Diproyeksi Menguat di Perdagangan Awal Bulan Desember pada Jumat (1/12)

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) yang ditunggu-tunggu naik 3% di bulan Oktober dari tahun lalu, moderat dari tiga bulan berturut-turut sebesar 3,4% meskipun masih di atas target 2% dari The Fed.

"Meskipun level 3% masih terlalu tinggi untuk menyatakan kemenangan pada inflasi, hal ini menandai level terendah baru untuk seri ini yang kemungkinan akan menyenangkan The Fed dan mengurangi tekanan untuk melakukan kenaikan lebih lanjut," ujar Ryan Brandham, kepala pasar modal global, Amerika Utara di Validus Risk Management dilansir dari Reuters.

"Masih harus dilihat apakah mendapatkan dari 3% ke 2% akan mudah, atau apakah inflasi akan tetap tinggi pada tahun 2024."

Para pembuat kebijakan Federal Reserve mengisyaratkan, kenaikan suku bunga bank sentral AS kemungkinan besar akan berakhir, tetapi membiarkan pintu terbuka untuk pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut jika kemajuan inflasi terhenti.

Pasar memperkirakan peluang 97% bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga pada pertemuan bulan Desember.

Baca Juga: Ambles, Rupiah Spot Ditutup Melemah ke Rp 15.510 Per Dolar AS Pada Hari Ini (30/11)

CME FedWatch Tool menunjukkan, peluang 42% untuk penurunan suku bunga pada bulan Maret tahun depan dibandingkan dengan peluang 27% minggu lalu.

Fokus investor sekarang akan beralih ke komentar dari Ketua The Fed Jerome Powell pada hari Jumat ini, dengan para pedagang cenderung meneliti setiap kata untuk membuat sketsa prospek suku bunga.

"Kami memperkirakan Powell akan menegaskan kembali kemungkinan pengetatan lebih lanjut dan mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga, kata Carol Kong, pakar strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia.

"Pelonggaran lebih lanjut dari kondisi keuangan dapat merusak upaya FOMC untuk menjinakkan tekanan inflasi. Meskipun begitu, kami tidak memperkirakan FOMC akan mengetatkan kebijakan lagi."

Di Eropa, data pada hari Kamis menunjukkan inflasi zona Euro jatuh lebih dari yang diharapkan untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan November.

Mendorong spekulasi penurunan suku bunga di awal musim semi meskipun Bank Sentral Eropa telah memberikan panduan eksplisit.

Baca Juga: Dolar AS Diperkirakan Akan Tertekan hingga Akhir Tahun, Ini Penyebabnya

Euro naik 0,13% pada $1,0902, setelah tergelincir 0,7% pada hari Kamis setelah data inflasi. Mata uang tunggal ini turun 0,3% untuk minggu ini. Sterling terakhir berada di $ 1,2643, naik 0,17% pada hari itu.

Yen Jepang menguat 0,31% menjadi 147,73 per dolar, berada di jalur untuk kenaikan minggu ketiga berturut-turut terhadap dolar, menariknya menjauh dari level terendah dalam 33 tahun terakhir di 151,92 yang disentuhnya pada pertengahan November.

Mantan birokrat kementerian keuangan Jepang dan bankir senior bank sentral Jepang Toshiro Muto mengatakan, ada kemungkinan besar bagi Bank of Japan untuk menghapus suku bunga negatif dan kontrol imbal hasil pada awal April ketika pembicaraan upah tahunan mengkonfirmasi ruang lingkup kenaikan gaji.

Di tempat lain, dolar Australia naik 0,20% menjadi $0,662 dan dolar Selandia Baru naik 0,37% menjadi $0,618.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×