kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DOGE dan SHIB Lesu, Intip Rekomendasi Altcoin yang Menarik di Pekan Ini


Selasa, 12 April 2022 / 18:45 WIB
DOGE dan SHIB Lesu, Intip Rekomendasi Altcoin yang Menarik di Pekan Ini
ILUSTRASI. Koin-koin meme rupanya berguguran sepanjang tahun ini.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koin-koin meme rupanya berguguran sepanjang tahun ini. Tengok saja, koin seperti Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) yang tahun lalu berkinerja apik, pada tahun ini justru berkinerja negatif.

Merujuk Coinmarketcap, pada Selasa (12/4), pukul 17.15 WIB, harga DOGE berada di level US$ 0,1389 atau melemah 2,50% dalam 24 jam terakhir. Bahkan, jika dihitung secara year to date, harga DOGE sudah terkoreksi 19,68%. 

Sama halnya dengan DOGE, nasib SHIB juga tidak berbeda jauh. Dalam 24 jam terakhir, SHIB melemah 2,44% setelah berada di level US$ 0,00002288. Sedangkan sepanjang tahun ini, harganya sudah turun 32,97%. 

Baca Juga: DOGE dan SHIB Menguntungkan di Tahun Lalu, Berikut Prospek di Tahun Ini

Co-founder CryptoWatch dan Pengelola Channel Duit Pintar, Christopher Tahir mengungkapkan, koin-koin meme tersebut memang punya karakteristik harga yang sangat volatile. Suatu saat bisa menguat tajam, lalu suatu saat bisa terkoreksi. Oleh karena itu, koin ini lebih baik hanya digunakan untuk trading jangka pendek saja.

“Jangan disimpan dan diinvestasikan dikarenakan sifat alaminya yang bersifat volatile dan sebatas sebagai meme. Walaupun SHIB disinyalir sedang membangun beberapa platform, namun saya ragu akan ramai digunakan,” kata Christopher kepada Kontan.co.id, Selasa (12/4).

Menurut dia, harga memecoin sejauh ini pergerakannya hanya ditentukan oleh beberapa tokoh-tokoh tertentu saja, seperti Elon Musk maupun beberapa tokoh berpengaruh di dalam komunitasnya.

Walaupun memang mempunyai potensi untuk menguat di masa yang akan datang, Christopher menyebut hal tersebut sangat sulit untuk ditebak. Terlebih lagi, kenaikan cenderung momentum jangka pendek yang mana akan sulit diukur, terutama untuk investor pemula. 

Baca Juga: Harga Mulai Naik, Ini Kripto yang Diprediksi Melesat, Bukan Bitcoin atau Dogecoin

“Singkatnya, timing the market itu susah. Jadi lebih baik sesuaikan cara kita berinvestasi, jangan memaksakan diri trading kalau memang belum cukup pengetahuan dan pengalamannya, terlebih pada meme coin seperti DOGE dan SHIB,” imbuhnya.

Sementara itu, Trader Tokocrypto Afid Sugiono melihat pada pekan ini, koin yang berpotensi punya kinerja lebih baik dari DOGE dan SHIB adalah STEPN (GMT) serta Biswap (BSW). Menurutnya, GMT masih bisa menguat pada pekan ini seiring dengan inovasi yang dibawa oleh proyek tersebut.

Sedangkan BSW memiliki utilitas yang unggul sebagai platform perdagangan terdesentralisasi (DEX). BSW bahkan memungut biaya yang lebih rendah dari PancakeSwap sehingga membuatnya punya potensi yang menarik.

“Biswap juga menawarkan berbagai proyek serbaguna, seperti token swap, farming, lottery, pendapatan NFT dan Launchpool. Kegunaan token untuk kebutuhan likuiditas komunitas dan untuk menghasilkan pendapatan staking akan turut menaikkan nilainya ke depan,” tutup Afid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×