kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,14   -0,66   -0.07%
  • EMAS987.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ditopang Pinehill, Simak Rekomendasi Saham Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP)


Minggu, 03 Juli 2022 / 15:26 WIB
Ditopang Pinehill, Simak Rekomendasi Saham Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP)
ILUSTRASI. Warga belanja kebutuhan bulan Ramadhan di sebuah supermarket di Bogor, Rabu (14/04). Ditopang Pinehill, Simak Rekomendasi Saham Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP).


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) diyakini akan mampu melewati tahun ini dengan kinerja yang solid. Kinerja emiten consumer ini dinilai akan ditopang oleh pertumbuhan positif dari Pinehill serta kemampuannya untuk menaikkan Average Selling Price (ASP).

Tim riset Panin Sekuritas dalam risetnya pada 1 Juli menuliskan, lewat Pinehill, ICBP berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan di negara Timur Tengah dan Afrika sebesar 25% secara year on year pada kuartal I-2022.

Dengan potensi pangsa pasar yang masih luas, Pinehill dinilai masih bisa melanjutkan tren positif sehingga bisa mendongkrak kinerja ICBP.

Selain itu, dari dalam negeri, ICBP juga akan diuntungkan oleh mobilitas masyarakat yang mencatatkan perbaikan sehingga bisa mendorong daya beli. Di satu sisi, ICBP yang merupakan pemimpin market share di segmen mi instan, membuatnya lebih fleksibel untuk menaikkan ASP ke depan. 

Baca Juga: Saham Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) Mulai Menguat, Ini Rekomendasi Para Analis

Adapun, hingga Juni 2022, rata-rata ASP mi instan ICBP sudah naik 8%-9%, padahal sepanjang 2021 kemarin kenaikan ASP hanya sebesar 6%-8%. Menurut tim riset Panin Sekuritas, hal ini akan mampu meredam efek kenaikan harga komoditas bahan baku.

Seiring dengan posisi ICBP sebagai pemimpin market share, tim riset Panin Sekuritas memperkirakan perseroan akan mampu mempertahankan blended gross margin pada level 34% untuk tahun ini.

“Hanya saja, tidak bisa dipungkiri, kenaikan harga komoditas yang signifikan berpotensi menekan profitabilitas ICBP pada tahun ini,” kata tim riset Panin Sekuritas.

Imbas dari tekanan tersebut, Panin Sekuritas menurunkan proyeksi laba bersih untuk ICBP pada tahun ini sebesar 12,5% menjadi Rp 6,65 triliun. Kendati begitu, Panin Sekuritas menaikkan proyeksi pendapatan ICBP sebesar 7,4% menjadi Rp 66,15 triliun.

Baca Juga: IHSG Menguat, Berikut Saham yang Menarik Dicermati Hari ini (21/6)

Adapun, pada kuartal I-2022 ICBP berhasil membukukan kinerja yang solid dengan mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 14% secara year on year (yoy) menjadi Rp 17,19 triliun. Sementara laba bersih juga masih tumbuh 12% menjadi Rp 1,94 triliun pada periode tersebut.

 

 

Dengan berbagai katalis tersebut, serta ditopang oleh neraca keuangan yang solid, Panin Sekuritas menyematkan rating beli untuk saham ICBP dengan target harga Rp 11.300 per saham. Target harganya tersebut mencerminkan PE 19,8x di 2022, atau setara dengan -0,3x std. dev rata-rata PE 5 tahun terakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×