kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Bisnis data dan telekomunikasi digital menyokong kinerja, ini rekomendasi saham TLKM


Rabu, 28 Oktober 2020 / 08:00 WIB
Bisnis data dan telekomunikasi digital menyokong kinerja, ini rekomendasi saham TLKM


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) yang fokus mengembangkan bisnis telekomunikasi digital menjadi penyokong pertumbuhan kinerja TLKM untuk jangka panjang. Para analis optimistis kinerja TLKM yang saat ini masih terganjal penurunan pendapatan karena efek pandemi akan pulih di tahun depan. 

Berdasarkan laporan keuangan periode semester I-2020, pendapatan TLKM menurun 3,52% secara tahunan menjadi Rp 66,9 triliun dari Rp 69,34 triliun. Sementara laba bersih juga menurun 0,8% secara tahunan menjadi Rp 10,99 triliun dari Rp 11,07 triliun. 

Analis RHB Sekuritas Michael Wilson Setjoadi mengatakan, kinerja TLKM di semester I-2020 terkoreksi karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat pendapatan di segmen bisnis perkantoran (enterprise) menurun. Namun, bila pandemi Covid-19 berakhir, Michael optimistis segmen ini akan pulih dengan cepat. 

Peter Milliken, Research Analyst Deutsche Bank juga mengatakan pandemi membuat kinerja TLKM sulit tumbuh di semester awal tahun ini karena konsumen cenderung mengalihkan penggunaan data yang lebih murah. Namun, Peter memproyeksikan di kuartal IV-2020 pendapatan TLKM mulai pulih seiring adanya paket stimulus dari pemerintah. "Pemulihan ekonomi diharapkan bisa menyokong kinerja TLKM yang terbatas untuk menurunkan harga paket data," kata Peter dalam riset. 

Baca Juga: Pasca Jual Menara, Telkomsel Bertransformasi Menuju Perusahaan Digital Telekomunikasi

Di sisi lain, TLKM melalui anak usahanya PT Telekomuniasi Seluler (Telkomsel) mantap melakukan transformasi bisnis yang fokus pada telekomunikasi digital. Belum lama, Telkomsel melakukan penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat atau conditional sale and purchase agreement (CSPA) dengan PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) untuk pengalihan kepemilikan sebanyak 6.050 menara telekomunikasi.

Telkomsel mendapatkan dana sebesar Rp 10,3 triliun dari aksi ini dan akan mempergunakan dana tersebut untuk investasi dalam pengembangan bisnis utamanya sebagai perusahaan telekomunikasi digital. Ke depan TLKM memiliki strategi bisnis untuk memperkuat ekosistem digital agar bisa mengembangkan potensi layanan digital services dan digital platform

Baca Juga: Usai jual menara, ini yang jadi fokus Telekomunikasi Indonesia (TLKM)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×