kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,51   3,33   0.39%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bersiap untuk kehadiran 5G, XL Axiata (EXCL) akan fiberisasi 9.000 sites pada 2021


Selasa, 16 Februari 2021 / 21:05 WIB
Bersiap untuk kehadiran 5G, XL Axiata (EXCL) akan fiberisasi 9.000 sites pada 2021
ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) akan melakukan fiberisasi 9.000 sites pada 2021 untuk menyambut kehadiran 5G.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan tetap melanjutkan fiberisasi jaringan sebagai salah satu motor pertumbuhan perusahaan. Pada tahun 2021, XL Axiata menargetkan dapat melakukan fiberisasi pada 9.000 sites atau menara telekomunikasinya.

Group Head Technology Strategy and Architecture EXCL I Gede Darmayusa mengatakan, per akhir tahun 2020, XL Axiata telah melakukan fiberisasi pada 10.500 sites yang tersebar di seluruh Indonesia. "Jadi, secara total akan ada sekitar 19.000 sites yang telah terfiberisasi pada tahun 2021," kata dia dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/2).

Menurut I Gede, fiberisasi jaringan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas data demi mempersiapkan kehadiran teknologi jaringan 5G. XL Axiata juga telah mengganti peralatan dan perlengkapannya yang siap untuk 5G.

Baca Juga: Laba bersih XL Axiata (EXCL) turun, simak rekomendasi sahamnya

Jaringan inti XL Axiata sudah juga sudah mengggunakan teknologi terbaru. Begitu juga dengan jaringan backbone dan upstream dinilai telah memiliki kapasitas cukup. Alhasil, I Gede yakin, XL Axiata cukup siap apabila ada lonjakan permintaan data saat teknologi jaringan 5G diimplementasikan.

Di samping melakukan fiberisasi, XL Axiata terus memperluas jaringan di luar Jawa sebagai investasi berkelanjutan. Menurut I Gede, dari alokasi belanja modal tahun 2021 yang ditujukan untuk pengembangan jaringan bisnis layananan data, sebesar 55% diperuntukkan bagi luar Pulau Jawa dan 45% untuk Pulau Jawa.

"Kami sudah berkomitmen untuk mengembangkan jaringan di luar Jawa sejak tiga tahun lalu. Pada tahun ini, alokasi capex di luar Jawa sudah lebih besar," ucap I Gede.

Menurut dia, XL Axiata masih fokus untuk memperluas jangkauan sekaligus menambah kapasitas di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Meskipun begitu, XL Axiata juga mulai mengarah ke daerah timur Indonesia, terutama Nusa Tenggara Timur.

 

Selanjutnya: XL Axiata (EXCL) akan menggandakan jumlah home pass XL Home pada 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×