kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berminat Beli Saham IPO COAL? Cek Dulu Profil Black Diamond Resources


Selasa, 16 Agustus 2022 / 08:15 WIB
Berminat Beli Saham IPO COAL? Cek Dulu Profil Black Diamond Resources
ILUSTRASI. Berminat Beli Saham IPO COAL? Cek Dulu Profil Black Diamond Resources


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali hadir. Calon pendatang di BEI itu adalah PT Black Diamond Resources Tbk yang akan IPO saham COAL.

IPO saham COAL sudah memasuki tahap penawaran awal. Sesuai jadwal, penawaran awal IPO saham COAL akan berlangsung hingga 22 Agustus 2022.

Apakah IPO saham COAL memiliki prospek bagus?

Sebelum mengikuti penawaran awal IPO saham COAL, sebaiknya cek dahulu profil PT Black Diamond Resources Tbk. PT Black Diamond Resources Tbk adalah emiten yang bergerak di sektor tambang batubara.

PT Black Diamond Resources Tbk adalah induk dari perusahaan tambang batubara yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP), yakni PT Dayak Membangun Pratama (DMP).  Dengan modal mengantongi IUP di daerah Gunung Mas, Kalimantan Tengah, seluas 4.883 Ha, cadangan terbukti dan terkira sekitar 25 juta ton, dengan karakter batubara yang beragam.

Dengan area izin IUP yang luas, dan asumsi luas area penambangan yang bertambah hanya sekitar 25 Ha per tahun, maka COAL melalui entitas anak  usaha mempunyai kesempatan menambang dengan periode yang cukup lama bila perizinan IUP dapat diperpanjang.

Baca Juga: Tertarik Saham IPO Black Diamond Resources (COAL)? Simak Dulu Fakta-Fakta Berikut Ini

Saat ini, PT Black Diamond Resources Tbk mulai penambangan dengan kapasitas 1,5 juta ton per tahun. Manajemen memproyeksikan dapat menambah kapasitas produksi hingga 2 juta ton per tahun dalam tiga tahun ke depan.

Kualitas batubara yang dihasilkan PT Black Diamond Resources Tbk melalui DMP termasuk dalam batubara kualitas menengah dengan nilai kalori berkisar antara 5.500 – 5.700 kkal/kg GAR.  Umumnya, batubara jenis ini digunakan untuk pembangkit listrik.

Saat ini terdapat sekitar tiga pesaing DMP di daerah Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yaitu PT Tuah Globe Mining, PT Tadjahan Antang Mineral, dan PT Sembilan Tiga Perdana. 

Di antara tiga perusahaan pertambangan tersebut, DMP telah memulai aktivitas pertambangan dengan volume galian paling besar dan aktif melakukan pengiriman serta penjualannya.

Dari sisi kinerja keuangan, PT Black Diamond Resources Tbk membukukan kinerja yang solid. Per April 2022, PT Black Diamond Resources Tbk membukukan pendapatan senilai Rp 95,53 miliar, naik 126,97% dari realisasi pendapatan di periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 42,08 miliar.

Sementara dari sisi bottomline, PT Black Diamond Resources Tbk membukukan laba bersih Rp 43,30 miliar, naik 102,14% dari laba bersih di periode April 2021 yang hanya Rp 21,42 miliar

Asal tahu saja, dalam IPO saham COAL, PT Black Diamond Resources Tbk melepas sebanyak-banyaknya 1,75 miliar saham atau sebanyak-banyaknya 25,93% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Saham ini ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran sebesar Rp 100 per saham sampai dengan Rp 130 per saham. Dus, COAL berpotensi meraup dana segar hingga sebanyak-banyaknya Rp 227,50 miliar dari aksi korporasi ini.

Dana hasil aksi korporasi ini akan digunakan PT Black Diamond Resources Tbk untuk dua keperluan. Pertama, sekitar Rp40 miliar akan disalurkan kepada DMP dan digunakan untuk keperluan belanja modal oleh DMP. 

Rinciannya, sebesar Rp 30,88 miliar akan disalurkan kepada DMP dan akan dipergunakan untuk membayar utang lain-lain DMP kepada kontraktor PT Heral Eranio Jaya dan CV Putra Jaya atas pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan. Sekitar Rp 9,11 miliar akan digunakan untuk pembangunan mess karyawan dan workshop DMP.

Kedua, sisanya dari dana hasil IPO saham COAL akan disalurkan kepada DMP dan digunakan untuk untuk modal kerja antara lain untuk membayar vendors dan suppliers DMP, untuk membayar biaya para kontraktor tambang, untuk pembelian bahan bakar, untuk perbaikan dan peningkatan kualitas jalan tambang.

Berikut jadwal IPO saham COAL:

  • Masa Penawaran Awal: 12 Agustus 2022 – 22 Agustus 2022
  • Perkiraan Tanggal Efektif: 29 Agustus 2022
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum: 31 Agustus 2022 – 05 September 2022
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan: 5 September 2022
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan di Bursa Efek Indonesia: 07 September 2022

Demikian profil PT Black Diamond Resources Tbk yang akan menggelar IPO saham COAL di BEI. Investor yang berminat mengikuti IPO saham COAL bisa melakukan penawaran awal melalui e-IPO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×