kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,18   10,45   1.23%
  • EMAS926.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Begini potensi pergerakan IHSG di sisa tahun 2021


Senin, 02 Agustus 2021 / 08:10 WIB
Begini potensi pergerakan IHSG di sisa tahun 2021
ILUSTRASI. Proyeksi IHSG hingga akhir tahun 2021

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di sisa tahun 2021, diprediksi masih sejalan dengan proyeksi awal tahun.

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, sejauh ini pergerakan IHSG masih dalam rentang normal. Menurut dia, pelaku pasar dan investor sudah banyak belajar dari pengetatan kebijakan yang dilakukan pemerintah pada tahun 2020.

"Namun masalahnya kali ini adalah apabila Covid-19 belum bisa kendalikan secepatnya, hal ini cepat atau lambat membuat pemulihan ekonomi kian menjauh dari momentumnya," jelas dia kepada Kontan.co.id, Minggu (1/8).

Nico menilai, ketika pemulihan ekonomi tertahan, maka mobilitas masyarakat akan menurun dan menyebabkan aktivitas ekonomi menurun. Dengan begitu, daya beli akan melemah yang berujung terhadap melambatnya produksi.

Hanya saja, jika mengaca pada semester I-2021, di mana pertumbuhan ekonomi sudah terjadi dengan banyaknya stimulus, baik fiskal maupun moneter, membuat tekanan dari Covid-19 ini tidak sehebat tahun lalu.

Baca Juga: Pelemahan IHSG tertahan rilis kinerja emiten

"Menilik situasi dan kondisi yang ada saat ini, ditambah dengan pergerakan IHSG, wajar rasanya kalau IHSG masih bergerak di rentang yang sama. Level 6.000 – 6.150 menjadi level nyaman IHSG saat ini dan sesuai ekspektasi kami apabila Covid-19 masih belum bisa dikendalikan," kata Nico.

Nah, untuk bulan Agustus ini, Nico menilai akan menjadi tolok ukur tersendiri bagi IHSG. Salah satu pendorong utama adalah saat Bukalapak melantai di bursa saham pada di awal bulan.

Namun secara sentimen, bulan ini akan menjadi bulan penentuan bagi Federal Reserve, apakah bank sentral Amerika Serikat (AS) itu akan mengubah arah kebijakannya untuk tahun 2022 atau tidak.

Menurutnya, apabila pada pertemuan The Fed bulan ini mereka mengubah arah kebijakannya, maka ini akan menjadi tekanan bagi IHSG. Untuk itu, ia menyarankan investor tetap perhatikan setiap sentimen yang ada, karena tentu akan memberikan pengaruh kepada pasar.

"IHSG berpotensi untuk mengalami kenaikan dengan tingkat probabilitas sebesar 72% menuju 6.185, dengan catatan tidak mengalami koreksi hingga di bawah 6.070," sebutnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




[X]
×