kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apapun keputusan RDG BI pekan ini, tren positif pasar obligasi Indonesia berlanjut


Senin, 15 Juli 2019 / 19:01 WIB
Apapun keputusan RDG BI pekan ini, tren positif pasar obligasi Indonesia berlanjut


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki pekan berlangsungnya Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia, pasar obligasi Indonesia dalam tren yang positif. Sejumlah analis pun menilai, pasar obligasi domestik akan baik-baik saja terlepas dari apapun keputusan BI nanti.

Research Analyst Capital Asset Management Desmon Silitonga mengatakan, agenda RDG BI menjadi sentimen yang cukup dicermati oleh para pelaku pasar. Ini mengingat ada ekspektasi bahwa BI akan menurunkan suku bunga acuan atau BI-7 Day Reverse Repo Rate di bulan ini.

Ekspektasi tersebut diperkuat oleh membaiknya kondisi fundamental ekonomi Indonesia, seperti data neraca dagang di bulan Juni yang kembali surplus sebesar US$ 200 juta. Kurs rupiah pun berhasil meninggalkan area Rp 14.000 per dollar AS pada hari ini.

Dengan begitu, Desmon yakin apabila BI jadi memangkas suku bunga acuan saat RDG nanti, pasar obligasi Indonesia akan semakin bullish. “Probabilitas yield SUN 10 tahun untuk turun di bawah level 7% makin terbuka dalam waktu dekat,” ujar Desmon, Senin (15/7).

Asal tahu saja, per hari ini yield SUN 10 tahun kembali menembus level terendahnya di tahun 2019 yakni 7,08% menurut data Bloomberg. Pasar juga tergolong kondusif seiring keberhasilan Indonesia Composite Bond Index (ICBI) mencapai level tertinggi yaitu 265,56.

Di sisi lain, Desmon menilai, pasar obligasi Indonesia masih akan stabil kalaupun BI kembali menahan suku bunga acuan di level 6% dan menunggu keputusan pasti dari Federal Reserve.

Skenario seperti ini dianggap masih sejalan dengan ekspektasi para pelaku pasar. Apalagi, The Fed juga terus diperkirakan akan menurunkan suku bunga acuan AS dalam waktu dekat. Sentimen ini pun sudah cukup membuat pasar obligasi berada dalam arah yang positif.

Pengamat Pasar Modal, Anil Kumar menambahkan, berbekal banyaknya sentimen positif dari eksternal dan internal, BI sebenarnya punya kesempatan untuk memangkas suku bunga acuan. Namun, hal ini bukan berarti BI harus mendahului The Fed yang notabene baru menggelar rapat FOMC di akhir bulan nanti.

“Jika suku bunga acuan kembali ditahan, artinya BI menginginkan stabilitas. Ini tetap berefek positif bagi pasar obligasi,” ungkap Anil, hari ini (15/7).

Tren positif di pasar obligasi dalam negeri pun berpotensi berlanjut terlepas dari hasil RDG BI tengah pekan ini. Alasannya, sejak berakhirnya libur lebaran di bulan lalu, investor asing terus berbondong-bondong masuk ke pasar obligasi berkat kenaikan peringkat utang Indonesia dari S&P serta meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga acuan AS.

Tak hanya itu, sejumlah data ekonomi Indonesia pun membaik, mulai dari cadangan devisa hingga neraca perdagangan. Kurs rupiah juga masih bergerak stabil sehingga turut mendukung penurunan yield SUN di pasar sekunder.

“Ketidakpastian politik dalam negeri juga dipastikan hilang usai pertemuan Jokowi dan Prabowo akhir pekan kemarin,” tandas Anil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×