kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Analis: Saham Buyung Poetra Sembada (HOKI) bisa jadi pilihan investasi jangka panjang


Senin, 17 Februari 2020 / 06:19 WIB
Analis: Saham Buyung Poetra Sembada (HOKI) bisa jadi pilihan investasi jangka panjang
ILUSTRASI. Beras cap Topi Koki produksi  PT Buyung Poetra Sembada Tbk HOKI

Reporter: Kenia Intan | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan lalu, harga saham PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) berhasil menguat 5,03% setelah pada perdagangan Jumat (14/2) ditutup di level Rp 940. 

Pergerakan HOKI berbanding terbalik dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang malah melemah di minggu lalu. 

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus pun menyebut, tren positif pada pergerakan saham HOKI sudah terjadi sejak Juli 2018. 

"Hal ini memberikan indikasi yang cukup baik, bahwa saham HOKI bisa menjadi pilihan untuk periode strategi investasi jangka panjang," kata Nico, Minggu (16/2). 

Baca Juga: Tambah kapasitas pabrik, Buyung Poetra Sembada (HOKI) membidik pasar baru

Di sisi lain, rencana ekspansi yang dilakukan HOKI untuk tahun ini juga menjadi tambahan tenaga bagi pergerakan saham perusahaan. Terlebih setelah  HOKI mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 70 miliar untuk pengembangan pabrik di Sumatra Selatan.

Nantinya, pengembangan pabrik tersebut akan dilakukan dalam dua tahap. Nah, tahun ini HOKI tengah merampungkan pembangunan pabrik tahap pertama yang berada di Palembang. 

Pabrik dengan kapasitas produksi sebesar 20 ton per jam itu rencananya akan selesai di Desember 2021. Sementara tahap II dengan kapasitas yang sama, 20 ton per jam akan selesai tahun 2021. 

Dengan adanya penambahan kapasitas produksi ini, HOKI akan menyasar pangsa pasar baru yang belum terjamah sebelumnya. Salah satunya, wilayah di luar Pulau Jawa dan pasar-pasar tradisional. 
HOKI juga menargetkan pendapatan dan laba bersih yang bertumbuh 10% hingga 15%. Akan tetapi, target tersebut perlu memperhatikan faktor-faktor di luar kendali seperti cuaca.

Menurut Nico, saat ini saham HOKI masih dalam area penurunan. Bagi yang ingin membeli saham HOKI dapat menunggu sampai momen penurunan ini usai. 

Pelemahan harga saham HOKI berpotensi dapat menyentuh level support Rp 905, sehingga bagi investor yang ingin memiliki saham HOKI dapat menunggu di level tersebut, supaya memberikan potensi upside yang lebih besar ke depannya.

Baca Juga: Pabrik Beras Anyar HOKI Rampung Tahun Depan

"Secara fundamental, kami melihat bahwa HOKI berpotensi untuk mencapai Rp 1.050 dalam jangka waktu panjang," imbuh Nico. Ia menambahkan, bagi investor yang ingin bermain di tenor pendek saham HOKI sebenarnya cukup menarik karena volatilitas pergerakan HOKI masih dalam batas toleransi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×