kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Tambah kapasitas pabrik, Buyung Poetra Sembada (HOKI) membidik pasar baru


Minggu, 16 Februari 2020 / 16:41 WIB
Tambah kapasitas pabrik, Buyung Poetra Sembada (HOKI) membidik pasar baru
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk Beras cap Topi Koki. Buyung Poetra Sembada (HOKI) menargetkan pendapatan dan laba naik hingga 15% tahun ini.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) tengah merampungkan pembangunan pabrik baru di Palembang, Sumatra Selatan. HOKI mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga Rp 70 miliar untuk melancarkan rencananya.

Pengembangan pabrik akan dilakukan dalam dua tahap. Pengembangan pabrik tahap pertama dengan kapasitas 20 ton per jam ditargetkan akan selesai pada Desember  2020. Sementara untuk pabrik tahap kedua dengan kapasitas yang sama, 20 ton per jam, direncanakan rampung pada akhir 2021.

Jika pabrik di Palembang sudah beroperasi secara penuh, secara total HOKI akan memiliki kapasitas produksi 95 ton per jam. Rinciannya, kapasitas produksi sebesar 40 ton dari pabrik di Palembang, 50 ton per jam dari pabrik di Subang, dan 5 ton dari pabrik di Pasar Induk Cipinang.

Baca Juga: Reksadana Sucorinvest Masuk ke Saham Buyung Poetra (HOKI)

Melalui penambahan kapasitas pabrik ini, HOKI berencana menyasar pangsa pasar yang belum tersentuh sebelumnya, seperti wilayah-wilayah di luar pulau Jawa dan pasar-pasar tradisional. Asal tahu saja, sebelumnya produk-produk HOKI sudah merambah gerai modern seperti Alfamart dan Indomaret.

Melihat rencana ekspansi ini, HOKI optimistis pihaknya dapat terus berkembang sepanjang tahun 2020. "Pertumbuhan pendapatan dan laba bersih kisaran 10% hingga 15%," kata Investor Relations Buyung Poetra Sembada Dion Surijata kepada Kontan.co.id, Sabtu (15/2).

Sekadar informasi, hingga kuartal III 2019 penjualan HOKI tercatat Rp 1,22 triliun, naik 15,09% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 1,06 triliun. Adapun laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menjadi Rp 76,16 miliar, tumbuh 7,6% dari sebelumnya Rp 70,76 miliar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×