kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,35   -8,58   -0.87%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agro Bahari Nusantara (UDNG) Mulai Masa Penawaran IPO pada Hari Ini (23/10)


Senin, 23 Oktober 2023 / 07:20 WIB
Agro Bahari Nusantara (UDNG) Mulai Masa Penawaran IPO pada Hari Ini (23/10)
ILUSTRASI. Agro Bahari Nusantara mulai masa bookbuilding pada Senin (23/10) hingga Jumat (27/10)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Agro Bahari Nusantara Tbk resmi memulai masa penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) pada hari ini (23/10) hingga Jumat (27/10). Saham perusahaan yang nantinya menggunakan kode saham UDNG ini akan melantai di Bursa Efek Indonesia pada 31 Oktober 2023.
 
UDNG telah menetapkan harga IPO senilai Rp 100 per saham. Harga IPO ini merupakan harga atas dari kisaran bookbuilding. Sebelumnya, UDNG memasang harga penawaran awal (bookbuilding) di rentang Rp 90 sampai dengan Rp 100.

Dalam aksi korporasi tersebut, UDNG melepas 500 juta saham atau sebanyak-banyaknya 28,57% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Sehingga, UDNG berpotensi meraup dana segar sebanyak-banyaknya Rp 50 miliar dari aksi korporasi tersebut.

Sekitar 88,89% dana hasil IPO akan dialokasikan untuk ekspansi bisnis dengan membangun tambak udang baru yang direncanakan berlokasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pembangunan tambak ini dilakukan melalui PT Marina Bahari Sentosa (MBS), perusahaan anak yang 99,99% sahamnya dimiliki UDNG.

Baca Juga: Agro Bahari Nusantara (UDNG) Pasang Harga IPO Rp 100 Per Saham, Simak Jadwalnya

Penyaluran dana akan dilakukan dalam bentuk penyetoran modal yang diestimasikan akan beroperasi 6 bulan sampai 12 bulan setelah dana hasil penawaran umum diperoleh UDNG

Nantinya, sebanyak sekitar 81,81% dana yang dikucurkan kepada Marina Bahari Sentosa (MBS). Marina Bahari Sentosa  merupakan perusahaan anak yang 99,99% sahamnya dimiliki   akan digunakan untuk belanja modal guna memenuhi kebutuhan pembangunan tambak. Kemudian, sekitar 18,19% akan digunakan untuk modal kerja

Sisa dana IPO akan digunakan untuk modal kerja, termasuk namun tidak terbatas kepada pembelian benur, pakan udang, mineral dan probiotik pada pihak ketiga yang dilakukan melalui pembelian jual-beli putus serta untuk biaya operasional gaji, listrik, dan biaya umum operasional

Bersamaan,UDNG juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 400 juta Waran Seri I atau sebesar 32%  dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran IPO. Waran ini diberikan kepada setiap pemegang saham baru secara cuma-Cuma, dengan ketentuan setiap pemegang 5 saham Baru akan memperoleh 4  Waran Seri I.  

Setiap 1  Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru UDNG  yang dikeluarkan dalam portepel.

Baca Juga: Gelar IPO, Agro Bahari Nusantara (UDNG) Bidik Dana Segar Rp 50 Miliar

Harga pelaksanaan Waran seri I sebesar Rp 105 per lembar. Sehimgga, total hasil pelaksanaan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp 42 miliar.

Dana yang didapat dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja yang akan digunakan untuk membiayai aktivitas operasional rutin dari manajemen propertiseperti biaya karyawan, biaya maintenance properti, dan biaya operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×