kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MARKET GLOBAL: Mata uang negara berkembang rontok, harga minyak dunia naik


Selasa, 04 September 2018 / 06:50 WIB
MARKET GLOBAL: Mata uang negara berkembang rontok, harga minyak dunia naik
ILUSTRASI. Uang rial iran


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - LONDON. Bursa saham global jatuh untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Senin, terluka oleh kekhawatiran atas eskalasi sengketa perdagangan dunia dan aksi jual mendalam seluruh mata uang negara berkembang.

Dengan pasar AS tutup untuk Hari Buruh, aktivitas perdagangan umumnya tenang. Sebagian besar bursa saham Eropa sebagian besar datar, meskipun FTSE blue-chip London reli hampir 1% berkat pelemahan poundsterling Inggris lemah.

Di Asia, indeks saham MSCI yang terbesar di luar Jepang dan saham blue-chip Nikkei turun masing-masing 0,7%.

Indeks MSCI All-Country World, indeks 47 pasar, merosot 0,2% dan indeks ekuitas utama yang baru turun turun 0,7%, menanggung beban perdagangan global.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada akhir pekan tidak perlu mempertahankan Kanada dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dan memperingatkan Kongres untuk tidak ikut campur dalam pembicaraan perdagangan.

Kekhawatiran tentang ketegangan AS dengan China juga tetap hidup dengan laporan pekan lalu bahwa Trump telah mengatakan dia siap untuk mengenakan tarif tambahan impor senilai US$ 200 miliar dari China segera setelah periode komentar publik mengenai rencana itu berakhir Kamis mendatang.

Itu akan menjadi eskalasi perang dagang yang besar mengingat Amerika Serikat telah menerapkan tarif pada US$ 50 miliar ekspor dari China.

"Ketika kita memasuki minggu dan bulan baru, kekhawatiran perdagangan tetap menjadi hal utama dan pusat pikiran investor, bersama dengan meningkatnya kekhawatiran tentang stabilitas di pasar negara berkembang. Penurunan tajam terlihat di Argentina dan mata uang Turki pekan lalu," kata Michael Hewson, analis pasar utama di CMC Markets.

Ada juga berita buruk prospek ekonomi lewat survei yang menunjukkan aktivitas manufaktur terpukul. Survei pembelian manajer itu menunjukkan tekanan yang meningkat terjadi pada pabrik-pabrik di seluruh Eropa dan Asia. Data serupa diperkirakan akan menunjukkan Amerika Serikat juga berada dalam cengkeraman yang sama.

"Ada beberapa ancaman eksistensial terhadap dunia dan perang dagang yang luas," kata Marie Owens Thomsen, kepala penelitian ekonomi global di Indosuez Wealth Management di Jenewa.

"Kita berada dalam paralel yang menakutkan seperti tahun 1920-an dan 1930-an, ketika tampak sedikit demi sedikit proteksionisme seperti yang kita lihat sekarang."

Di pasar negara berkembang, turbulensi berlanjut. Lira Turki memimpin penurunan mata uang setelah data menunjukkan inflasi melonjak hingga hampir 18% pada Agustus. Rupiah Indonesia juga jatuh ke level terendah dalam kurun 20 tahun terakhir.

Real Brasil melemah lebih dari 1% terhadap dolar AS, sementara rial Iran dilaporkan mencapai rekor terendah terhadap mata uang AS.

Lira, di tengah gejolak pasar berkembang dalam beberapa pekan terakhir, turun 1% menjadi 6,62 per dolar.

Bank Sentral berkomentar bahwa prospek inflasi menunjukkan "risiko signifikan" terhadap stabilitas harga dan akan menyesuaikan sikap moneternya pada pertemuan mendatang pada 13 September.

"Angka inflasi pagi ini sangat tinggi dan pihak berwenang masih belum memiliki strategi yang kredibel untuk mengatasinya," kata Chris Scicluna, kepala penelitian ekonomi di Daiwa Capital Markets.

Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak mengatakan kepada Reuters bahwa bank sentral independen dari pemerintah dan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memerangi inflasi.

Di antara mata uang utama, poundsterling Inggris tampak paling melempem, terluka oleh komentar oleh Kepala Perunding Brexit Uni Eropa, Michel Barnier, bahwa ia "sangat menentang" proposal Inggris pada hubungan perdagangan masa depan setelah meninggalkan Uni Eropa.

Berita bahwa produsen Inggris memiliki bulan terlemah mereka dalam lebih dari dua tahun dan pesanan ekspor mengalami kejatuhan yang jarang terjadi pada bulan Agustus memperparah penurunan sterling.

Mata uang itu terakhir turun 0,7% pada US$ 1,2874 dan melemah 0,8% terhadap euro menjadi 90,24 pence, membantu mengangkat blue-chip London FTSE 0,95%.

Indeks dolar, yang mengukur nilai greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, berakhir datar pada 95,13 setelah mendekati level tertingginya sejak 27 Agustus.

Harga minyak sementara naik, didukung oleh kekhawatiran bahwa penurunan produksi Iran akan memperketat pasar setelah sanksi AS menggigit mulai November mendatang, tetapi kenaikan itu dibatasi oleh pasokan yang lebih tinggi dari OPEC dan Amerika Serikat.

Minyak mentah brent naik 63 sen menjadi US$ 78,27 per barel. Minyak mentah AS 26 sen lebih tinggi pada US$ 70,05.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×