kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Turun Rabu (8/5) Siang, Brent ke US$82,59 dan WTI ke US$77,85


Rabu, 08 Mei 2024 / 14:51 WIB
Harga Minyak Dunia Turun Rabu (8/5) Siang, Brent ke US$82,59 dan WTI ke US$77,85
ILUSTRASI. The sun sets behind a crude oil pump jack on a drill pad in the Permian Basin in Loving County, Texas, U.S. November 24, 2019. REUTERS/Angus Mordant


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak turun di perdagangan Asia pada hari Rabu (8/5). Data industri menunjukkan, penumpukan persediaan minyak mentah dan bahan bakar di Amerika Serikat (AS).

Hal ini menjadi sebuah tanda lemahnya permintaan dan ekspektasi pasokan yang hati-hati menjelang pertemuan OPEC+ bulan depan.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun 57 sen atau 0,69% menjadi US$82,59 per barel pada 0645 GMT. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 53 sen, atau 0,68% menjadi US$77,85 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Turun Tertekan Pelonggaran Pasokan

Kedua harga minyak acuan tersebut turun sedikit di sesi sebelumnya, di tengah tanda-tanda berkurang ketatnya pasokan dan melemahnya permintaan minyak global dari laporan perkiraan EIA pada hari Selasa.

Stok minyak mentah AS naik 509.000 barel dalam pekan yang berakhir 3 Mei, kata sumber pasar, mengutip angka American Petroleum Institute (API).

Persediaan bahan bakar bensin dan sulingan juga meningkat.

"Angka API yang dirilis semalam cukup bearish karena penumpukan stok minyak mentah dan produk... Kekhawatiran atas permintaan bensin AS yang lebih lemah dari biasanya dan penumpukan stok ini telah membebani segera penghentian bensin RBOB," kata analis ING dalam sebuah pernyataan. catatan klien.

Data resmi pemerintah AS mengenai stok akan dirilis pada pukul 14.30 GMT. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan, persediaan minyak mentah AS turun sekitar 1,1 juta barel pada pekan lalu.

Ekspektasi hati-hati terhadap pengurangan pasokan dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) menjelang pertemuan kebijakan tanggal 1 Juni juga membebani pasar.

“Harga minyak berada di bawah tekanan lebih lanjut karena meningkatnya kebisingan seputar kebijakan produksi OPEC+,” kata analis ING. “Ekspektasinya adalah para anggota akan memperpanjang pemotongan pasokan sukarela mereka setelah kuartal kedua tahun ini.”

Baca Juga: Harga Minyak Naik Tipis pada Selasa (7/5) Setelah Israel Menyerang Gaza

Sementara itu, harapan gencatan senjata di Gaza juga memberikan tekanan pada harga minyak dalam beberapa sesi terakhir, dengan beberapa analis mengatakan premi risiko minyak juga menurun.

“Penurunan harga minyak sejak serangan berturut-turut Iran dan Israel menunjukkan bahwa beberapa premi risiko harga kini telah hilang,” kata ekonom Bill Weatherburn dari Capital Economics dalam catatan kliennya.

“Harga terus didukung oleh pengurangan produksi OPEC+ tetapi kami menduga para anggota akan secara bertahap mengurangi pemotongan ini mulai bulan Juli, sehingga mendorong harga minyak lebih rendah,” tambahnya.

AS meyakini perundingan gencatan senjata di Gaza harus mampu menutup kesenjangan antara Israel dan Hamas.

Direktur Badan Intelijen Pusat AS Bill Burns akan melakukan perjalanan ke Israel pada hari Rabu untuk melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat tinggi lainnya, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

Beberapa analis memperkirakan bahwa permintaan jangka pendek masih didukung dengan baik dan terbatas pada penurunan harga secara keseluruhan.

“Menurut pendapat kami, banyak pembicaraan mengenai pengurangan kinerja ekonomi dalam beberapa pekan terakhir terlalu berlebihan, dengan margin yang masih cukup sehat, yang berarti bahwa permintaan Asia akan meningkat ketika perubahan haluan mencapai puncaknya dan berkurang,” kata analis Sparta Commodities, Neil Crosby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×