kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Wijaya Karya (WIKA) Akan Tambah Setoran Modal Rp 1 Triliun ke Wika Realty


Rabu, 05 Januari 2022 / 14:07 WIB
Wijaya Karya (WIKA) Akan Tambah Setoran Modal Rp 1 Triliun ke Wika Realty
ILUSTRASI. Logo PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana akan menambah setoran modal senilai Rp 1 triliun pada anak usahanya yakni PT Wijaya Karya Reality (Wika Realty). Adapun skema penambahan modal dilakukan melalui skema debt to equity swap atau konversi utang menjadi modal.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengatakan, berdasarkan laporan keuangan Wika Realty, per April 2021, WIKA merupakan pemegang saham Wika Realty sebesar 93,05%. Ini membuat Wika Realty merupakan perusahaan terkendali perseroan.

Adapun dalam rangka melakukan penyediaan dana untuk keperluan investasi pada Wika Realty, tercatat hingga 30 April 2021 memiliki pinjaman pemegang saham berikut bunga kepada Wijaya Karya sebesar Rp 4,5 triliun.

Sementara, yang diakui sebagai utang oleh perseroan adalah sebesar Rp 3,9 triliun, sebagaimana yang tertuang dalam Perjanjian Pengakuan Hutang tanggal 30 Desember 2021.

Baca Juga: Kembangkan Bisnis Sesuai Prinsip ESG, Begini Komitmen Wijaya Karya (WIKA)

Lebih lanjut Mahendra mengatakan, berdasarkan Perjanjian Pengakuan Hutang telah disepakati oleh WIKA dan Wika Realty sebesar Rp 1 triliun dengan harga saham sesuai harga nominal saham Wika Realty sebesar Rp 100 per saham untuk menjadi tambahan setoran modal melalui skema debt to equity swap.

“Dengan dilaksanakannya transaksi tersebut, perseroan dapat meningkatkan porsi kepemilikannya pada Wika Realty sehingga perseroan dapat mendapat kontribusi lebih dalam pemberian laba dari Wika Realty secara konsolidasi,” jelas Mahendra yang dikutip dalam laporan Keterbukaan Informasi melalui Bursa Efek Indonesia, Rabu (5/1).

Mahendra menambahkan, berdasarkan hasil analisis dapat dipastikan bahwa nilai transaksi yang merupakan biaya untuk penambahan setoran modal Wika Realty oleh WIKA melalui skema debt to equity swap memberikan nilai tambah.

Dia bilang, hasil analisis kelayakan investasi saham Wika Realty menunjukkan bahwa investasi adalah layak yang ditunjukkan dengan nilai IRR sebesar 18,56% lebih besar dan tingkat biaya modal sebesar 9,73% dan NPV positif sebesar Rp 2,3 triliun.

 

 

“Dengan nilai-nilai indikator tersebut, maka investasi layak dilaksanakan,” ujar dia.

Adapun dengan dilakukannya transaksi memberikan kontribusi nilai tambah terhadap laba yang diatribusikan kepada Perseroan. Dengan dilakukannya transaksi, dia bilang kontribusi nilai tambah selama periode 1 Mei 2021 - 31 Desember 2026 terhadap laba yang diatribusikan kepada Perseroan yakni sebesar Rp 8,04 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×