kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Turun, Pelaku Pasar Menunggu Sinyal The Fed Jelang Akhir Pekan


Kamis, 24 Agustus 2023 / 21:46 WIB
Wall Street Turun, Pelaku Pasar Menunggu Sinyal The Fed Jelang Akhir Pekan
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street turun di tengah kehati-hatian pasar menjelang pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell akhir pekan ini.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga indeks utama Wall Street turun di tengah kehati-hatian pasar menjelang pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell akhir pekan ini.

Kamis (24/8) pukul 21.39 WIB, Dow Jones Industrial Average turun tipis 0,01% ke 34.468. Indeks S&P 500 melemah 0,20% ke 4.427. Sedangkan Nasdaq Composite turun 0,51% ke 13.653.

Perancang chip Nvidia pada Rabu malam memperkirakan pendapatan kuartalan yang jauh melebihi ekspektasi. Pernyataan Nvidia meningkatkan kepercayaan investor terhadap ledakan kecerdasan buatan (AI). Nvidia pun mengungkapkan niat untuk membeli kembali saham senilai US$ 25 miliar.

Harga saham Nvidia hanya naik 2,03% ke US% 480,72. Beberapa analis menyebut, ada aksi ambil untung setelah serangkaian kenaikan yang kuat menjelang hasil kuartal kedua.

“Ketika Anda melihat saham yang naik 220% secara tahunan, selalu ada ruang untuk aksi ambil untung,” kata Art Hogan, kepala strategi pasar di B Riley Wealth kepada Reuters.

Baca Juga: IHSG Melemah ke 6.899, BMRI, AMRT, BBNI Paling Banyak Net Buy Asing

Hasil Nvidia juga mengangkat Microsoft dan Alphabet yang masing-masing naik 0,7% dan 0,2%. Kedua perusahaan telah bergegas untuk memasukkan AI generatif ke dalam platform pencarian web mereka.

Namun, saham-saham terkait teknologi lainnya seperti Apple Inc, Tesla dan Meta Platforms berbalik arah dari pergerakan pra-pasar, turun antara 0,6% dan 1,7%.

Reli di pasar saham baru-baru ini terhenti karena kekhawatiran mengenai suku bunga yang akan bertahan lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama. Laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim awal tunjangan pengangguran negara mencapai 230.000 untuk pekan yang berakhir 19 Agustus, dibandingkan ekspektasi sebesar 240.000 seperti yang disurvei oleh Reuters. Angka ini menunjukkan pasar tenaga kerja masih ketat.

Data terpisah menunjukkan pesanan baru untuk barang-barang modal utama yang diproduksi di AS sedikit meningkat pada bulan Juli. Data ini menunjukkan bahwa pengeluaran bisnis untuk peralatan dapat terus meningkat.

Baca Juga: Ditutup di Zona Merah Hari Ini, Begini Prediksi IHSG Untuk Jumat (25/8)

Laporan tersebut muncul menjelang pidato Ketua Fed Jerome Powell pada pertemuan puncak tahunan bank sentral di Jackson Hole pada hari Jumat. Pasar berharap pernyataan Powell akan memberikan lebih banyak petunjuk mengenai arah suku bunga AS.

"Jackson Hole tahun lalu tidak bagus untuk pasar. Jadi ada sedikit perubahan ke dalam mode wait-and-see untuk memastikan seperti apa suara Powell tahun ini di Jackson Hole," kata Hogan .

Taruhan para pedagang terhadap bank sentral untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat saat ini pada pertemuan kebijakan bulan September masih tetap di angka 84,5%.

Menekan Dow yang sangat bergantung pada siklus, harga saham Boeing turun 3,9% setelah pembuat pesawat tersebut mengatakan baru-baru ini mengidentifikasi masalah kualitas 737 MAX baru yang melibatkan pemasok Spirit AeroSystems yang akan menunda pengiriman jangka pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×