kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat Tipis, Harapan Penurunan Suku Bunga Mengerek Pasar Saham


Jumat, 17 Mei 2024 / 21:31 WIB
Wall Street Menguat Tipis, Harapan Penurunan Suku Bunga Mengerek Pasar Saham
ILUSTRASI. Indeks utama Wall Street menguat tipis pada awal perdagangan Jumat (17/5).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks utama Wall Street menguat tipis pada awal perdagangan Jumat (17/5). Investor mengambil jeda dari reli minggu ini yang didorong oleh meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga Amerika Serikat (AS).

Jumat (17/5) pukul 21.24 WIb, Dow Jones Industrial Average menguat 0,10% ke 39.910. Indeks S&P 500 naik tipis 0,04% ke 5.299. Sedangkan Nasdaq Composite menguat tipis 0,02% ke 16.701.

S&P 500 dan Nasdaq berada di jalur kenaikan minggu keempat berturut-turut. Sementara indeks Dow Jones yang berisi saham-saham blue-chip berada di jalur kenaikan mingguan kelima. Kenaikan pasar saham lebih dari sebulan ini didukung oleh kinerja kuartalan yang kuat dan melambatnya data inflasi yang mendukung kemungkinan penurunan suku bunga dari bank sentral AS. Federal Reserve.

Ketiga indeks utama menyentuh rekor tertinggi pada hari Kamis. Dow Jones sempat melewati angka 40.000 sebelum membalikkan kenaikan dan ditutup di zona merah.

Baca Juga: Menilik Peluang Investasi di Bursa Asing

"(Ekuitas) hanya mencoba mencerna data ekonomi minggu lalu," kata Robert Pavlik, manajer portofolio senior di Dakota Wealth kepada Reuters. Dia menambahkan, para pelaku pasar menunggu katalis berikutnya, apakah benar-benar ada pemangkasan suku bunga . 

"Jadi ada PCE (pengeluaran konsumsi pribadi) yang akan datang, dan jika angka tersebut di bawah ekspektasi maka mungkin pasar akan terus mengalami tren yang lebih tinggi," imbuh Pavlik.

Investor akan menganalisis komentar dari pejabat Fed Christopher Waller dan Mary Daly yang diperkirakan akan berbicara pada hari ini, untuk mendapatkan isyarat lebih lanjut mengenai jalur kebijakan moneter bank sentral. Para pelaku pasar saat ini melihat peluang 68% penurunan suku bunga pertama pada bulan September, menurut CME FedWatch Tool.

Dari 11 sektor S&P 500, sejtir utilitas memiliki kinerja lebih buruk dari sektor lainnya dengan penurunan 0,3%. Sementara saham sektor energi memimpin kenaikan 0,3%.

Baca Juga: IHSG Melesat 3,22% Sepekan, Dana Asing Mulai Masuk Lagi

Harga saham Advanced Micro Devices naik 3,4% setelah Microsoft mengatakan pihaknya berencana menawarkan pelanggan komputasi awannya sebuah platform chip kecerdasan buatan AMD yang akan bersaing dengan komponen buatan Nvidia.

Harga saham Reddit naik 13% karena bermitra dengan OpenAI untuk menghadirkan kontennya ke ChatGPT.

Harga saham GameStop merosot 24,1% setelah memperkirakan penjualan bersih kuartal pertama akan turun dari tahun lalu.

Harga saham GameStop mencatat kenaikan mingguan yang tajam, bersama dengan AMC Entertainment Lonjakan kedua saham meme kesayangan investor ritel ini terjadi di tengah hiruk pikuk atas kembalinya Roaring Kitty di media sosial, yang merupakan tokoh sentral dalam reli saham meme tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×