kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat, Didukung Sinyal The Fed yang Cenderung Dovish


Jumat, 03 Mei 2024 / 05:40 WIB
Wall Street Menguat, Didukung Sinyal The Fed yang Cenderung Dovish
ILUSTRASI. Indeks utama Wall Street ditutup menguat pada Kamis (2/5), investor mempertimbangkan sikap The Fed yang lebih dovish. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks utama Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Kamis (2/5), karena investor mempertimbangkan patokan suku bunga Federal Reserve yang lebih dovish dari perkiraan. Sementara laporan data ekonomi beragam.

Mengutip Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 322,37 poin, atau 0,85% ke level 38.225,66. S&P 500 naik 45,81 poin, atau 0,91% ke level 5.064,2 dan Nasdaq Composite naik 235,48 poin, atau 1,51% ke level 15.840,96.

Indeks Nasdaq yang didominasi perusahaan teknologi menguat 1,5% dengan dorongan dari saham-saham chip setelah Qualcomm melaporkan penjualan dan laba kuartalan di atas ekspektasi para analis.

Sembilan dari 11 sektor utama S&P naik, dipimpin kenaikan saham perusahaan-perusahaan teknologi.

Baca Juga: Wall Street Menghijau karena Kekhawatiran Kenaikan Suku Bunga The Fed Mereda

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 11,19 miliar saham dengan rata-rata 11,04 miliar saham dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Pasar terus menganalisis jaminan Gubernur Fed Jerome Powell pada hari Rabu bahwa langkah kebijakan bank sentral berikutnya adalah menurunkan suku bunga kebijakan utamanya, setelah bank sentral mempertahankan suku bunga pada akhir pertemuan bulanannya. 

Namun, ia mencatat bahwa pembacaan inflasi yang kuat baru-baru ini menunjukkan bahwa penurunan suku bunga pertama mungkin memerlukan waktu yang lama.

“Kesimpulan dari kejadian kemarin adalah bias The Fed masih turun, mempertahankan suku bunga stabil atau menurunkan suku bunga,” kata Paul Nolte, penasihat kekayaan senior dan ahli strategi pasar di Murphy & Silvest di Elmhurst, Illinois.

"Mereka tidak bersedia menaikkan suku bunga mulai saat ini. Mereka akan mempertahankan suku bunga tetap stabil, dan jika ada tanda-tanda pelemahan ekonomi atau penurunan inflasi, mereka akan siap untuk melompat dan melakukan pemangkasan (suku bunga)."

Data yang dirilis pada hari Kamis termasuk klaim pengangguran yang teredam, penurunan rencana PHK, lonjakan biaya tenaga kerja triwulanan dan penurunan tajam dalam produktivitas, yang semuanya mengalihkan fokus pada laporan ketenagakerjaan bulan April yang akan dirilis pada hari Jumat.

“The Fed secara konsisten mengatakan bahwa mereka akan bergantung pada data,” kata Joseph Sroka, kepala investasi di NovaPoint di Atlanta. 

"Kami memasuki tahun ini dengan berpikir mungkin akan ada lebih banyak pemangkasan (suku bunga), lebih awal. Data belum mendukung hal tersebut."

Baca Juga: Wall St Dibuka Naik Kamis (2/5), The Fed Meredakan Kekhawatiran Kenaikan Suku Bunga

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) meningkatkan prospek pertumbuhan globalnya, sebagian berkat ketahanan perekonomian AS.

Dari 373 perusahaan di S&P 500 yang telah melaporkan pendapatannya hingga Kamis pagi, 77% membukukan hasil yang lebih baik dari perkiraan, menurut data LSEG.

Setelah pasar tutup, Apple melaporkan penurunan pendapatan kuartalan yang lebih kecil dari perkiraan dan sahamnya pada awalnya naik.

“Tema umum (kuartal ini) adalah perusahaan-perusahaan yang melampaui ekspektasi tidak mendapatkan imbalan sebanyak yang mereka dapatkan pada kuartal sebelumnya,” tambah Nolte. 

"Dan mereka yang tidak memenuhi harapan akan tersingkir."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×