kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street melemah tajam, gara-gara kabar Trump positif Covid-19


Sabtu, 03 Oktober 2020 / 05:33 WIB
Wall Street melemah tajam, gara-gara kabar Trump positif Covid-19
ILUSTRASI. Ilustrasi Wall Street. REUTERS/Lucas Jackson/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street ditutup melemah pada akhir perdagangan Jumat (2/10) setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19, membuat investor dalam suasana risk off dan menambah ketidakpastian seputar pemilu yang akan datang.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 134,09 poin, atau 0,48% ke level 27.682,81, S&P 500 turun 32,36 poin, atau 0,96% ke level 3.348,44 dan Nasdaq Composite turun 251,49 poin, atau 2,22% ke level 11.075,02.

Dari 11 sektor utama di S&P 500, teknologi mengalami kerugian terbesar, sementara real estat dan utilitas menikmati persentase keuntungan terbesar.

Volume transaksi perdagangan saham di bursa AS mencapai 9,30 miliar saham, dengan rata-rata 9,93 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.

Baca Juga: Wall Street turun setelah Donald Trump mengumumkan positif corona

Mengutip Reuters, Trump pada Kamis malam lewat cuitan di Tweeter menyatakan bahwa dia tertular virus corona dan akan segera dikarantina, menambah ketidakpastian pasar yang sudah bergejolak.

Tetapi kerugian di pasar saham tertahan setelah Gedung Putih memberikan jaminan bahwa Trump hanya mengalami gejala ringan.

"Ini menambah ketidakpastian lebih lanjut ke dalam hasil pemilu," kata Roberto Perli, kepala penelitian kebijakan global di Cornerstone Macro di Washington seperti dikutip Reuters

"Bacaan saya adalah bahwa pasar telah menunjukkan keengganan akhir-akhir ini terutama pada ketidakpastian, tidak begitu banyak kepada satu atau kandidat lain yang menang."

Pasar saham juga mendapat dorongan singkat setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi mengumumkan bahwa kesepakatan untuk memberikan bantuan pemerintah senilai US$ 25 miliar lagi kepada industri penerbangan "dalam waktu dekat."

"Pasar juga memperhatikan kemungkinan paket stimulus lain akan segera berlalu," tambah Perli. 

"Jika itu terjadi, itu bisa mengimbangi setidaknya sebagian dari ketidakpastian yang ditimbulkan oleh berita Covid."

Demokrat DPR mengesahkan paket bantuan fiskal US$ 2,2 triliun pada hari Kamis, tetapi RUU itu tidak mungkin disetujui di Senat yang dikendalikan Republik.

Perselisihan partisan mengenai ukuran dan detail putaran baru stimulus telah terhenti, lebih dari dua bulan setelah tunjangan pengangguran darurat bagi jutaan orang Amerika telah berakhir.

Baca Juga: Wall Street kembali reli di tengah pesimisme kelanjutan pembicaraan stimulus

Data yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan pemulihan pasar tenaga kerja sangat lambat. Ekonomi AS menambahkan 661.000 pekerjaan pada bulan September, lebih sedikit dari yang diharapkan dan peningkatan paling lambat sejak pemulihan dimulai pada bulan Mei.

Penggajian masih jauh dari mendapatkan kembali 22 juta pekerjaan yang hilang sejak penutupan awal, dan jumlah pengangguran permanen membengkak.

Selanjutnya: Hindari shutdown pemerintahan, Senat AS setujui RUU pendanaan sementara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×