kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Jeblok Lebih dari 1%, Nasdaq Terseret Saham Chip & Megacaps


Rabu, 06 Maret 2024 / 05:33 WIB
Wall Street Jeblok Lebih dari 1%, Nasdaq Terseret Saham Chip & Megacaps
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street kompak turun lebih dari 1% pada hari Selasa.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga indeks utama Wall Street kompak turun lebih dari 1% pada hari Selasa. Pelemahan pada perusahaan-perusahaan dengan kapitalisasi pasar jumbo alias megacaps seperti Apple Inc dan sektor chip membebani Nasdaq menjelang data ekonomi minggu ini dan komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Selasa (5/3), Dow Jones Industrial Average turun 404,64 poin atau 1,04% menjadi 38.585,19. Indeks S&P 500 merosot 52,3 poin atau 1,02% menjadi 5.078,65. Nasdaq Composite anjlok 267,92 poin atau 1,65% menjadi 15.939,59.

Data ekonomi pada hari Selasa menunjukkan pertumbuhan industri jasa Amerika Serikat (AS) yang lebih lambat pada bulan Februari.  Lapangan kerja menurun, sementara jumlah pesanan baru tumbuh ke level tertinggi dalam enam bulan. Data terbaru tersebut menandakan kekuatan mendasar di sektor ini.

Laporan Indeks Manajer Pembelian pada hari Selasa mengkonfirmasi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan meskipun ada kenaikan suku bunga sebesar 525 basis poin dari The Fed sejak Maret 2022.

Survei lain menunjukkan pesanan baru untuk barang-barang manufaktur AS turun lebih dari perkiraan pada bulan Januari.

Baca Juga: IHSG Terkoreksi Empat Hari Berturut-turut, Cermati Saham yang Banyak Dilego Asing

Beberapa ahli strategi melihat aksi jual teknologi pada hari Selasa sebagai akibat dari aksi ambil untung di sektor yang baru-baru ini menguat setelah naik 56% pada tahun 2023.

“Mungkin beberapa orang mengambil keuntungan dari hal-hal yang tidak diinginkan, sehubungan dengan apa yang mungkin menjadi alasan kegelisahan sebelum Powell berbicara dan sebelum kita mendapatkan banyak data pasar tenaga kerja,” kata Kevin Gordon, senior investment ahli strategi di Charles Schwab kepada Reuters.

"Dua laporan membantu menciptakan nada menghindari risiko," kata Craig Fehr, kepala strategi investasi di Edward Jones di St. Louis.

Saham Apple turun 2,8% setelah laporan riset menunjukkan penjualan iPhone di Tiongkok turun 24% secara tahunan dalam enam pekan pertama tahun 2024. Apple menghadapi meningkatnya persaingan dari rival domestik seperti Huawei.

Sektor chip juga terpukul setelah Bloomberg News melaporkan bahwa Advanced Micro Devices menemui hambatan dalam upayanya menjual chip kecerdasan buatan yang dirancang untuk pasar Tiongkok. Salah satu sebabnya, AS mengatur keras ekspor teknologi canggih ke Beijing.

Saham-saham chip juga turut menurun dengan indeks semikonduktor Philadelphia, yang ditutup turun 2%.

Baca Juga: Terus Naik, Bitcoin Berpotensi Bisa Menuju US$ 100.000?

Fehr juga mengaitkan beberapa pelemahan pada hari Selasa dengan penguatan yang terjadi baru-baru ini. Indeks acuan S&P 500 telah mencapai rekor tertinggi intraday baru pada hari Senin sebelum ditutup sedikit lebih rendah.

“Adalah hal yang masuk akal dan bahkan sehat untuk melakukan pit stop di tengah kenaikan. Pasar berhenti sejenak setelah kenaikan yang sangat tajam,” kata Fehr.

Delapan dari 11 indeks industri utama S&P 500 melemah. Sektor teknologi turun 1,2% dan consumer disretionary turun 1,3%. Sektor energi naik 0,7%, menjadi pencetak keuntungan terbesar diikuti oleh sektor konsumen bahan pokok yang naik 0,3%.

Bersamaan dengan kesaksian Powell di hadapan anggota parlemen pada hari Rabu dan Kamis, investor juga dengan cemas menunggu lebih banyak petunjuk mengenai kebijakan suku bunga dari data ekonomi. Sejumlah data yang akan dirilis termasuk laporan penting non-farm payrolls pada hari Jumat.

Mayoritas pedagang memperkirakan penurunan suku bunga pertama tahun ini akan terjadi pada bulan Juni, sesuai dengan alat FedWatch CME Group.

Baca Juga: Wall Street: S&P 500 Jatuh untuk Hari Kedua, Nasdaq Kehilangan 1%

Pada perdagangan yang berakhir pagi ini, harga saham Tesla merosot 3,9% setelah Gigafactory Eropa di dekat Berlin menghentikan produksi menyusul dugaan serangan pembakaran.

Harga saham Target menguat 12% setelah pengecer ini memperkirakan penjualan tahunan yang sebanding jauh di atas perkiraan. Target juga bertaruh pada layanan di hari yang sama, peluncuran produk, dan program keanggotaan baru untuk meningkatkan pengeluaran.

Saham Microstrategy anjlok 21%. Perusahaan pengembangan bitcoin ini mengumumkan penawaran senilai US$ 600 juta dalam bentuk obligasi senior yang dapat dikonversi. Microstrategy akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi untuk membeli bitcoin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×