kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,74   -0,56   -0.06%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Mixed, Indeks Nasdaq Naik Ditopang Pendapatan Sektor Teknologi


Jumat, 02 Februari 2024 / 22:03 WIB
Wall Street Mixed, Indeks Nasdaq Naik Ditopang Pendapatan Sektor Teknologi
ILUSTRASI. Indeks utama Wall Street dibuka beragam pada perdagangan Jumat (2/2). REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks utama Wall Street dibuka beragam pada perdagangan Jumat (2/2). 

Mengutip Bloomberg, pukul 21.56 WIB, indeks Dow Jones Industrial Average turun 107,16 poin atau 0,28% ke 38,410,92, S&P 500 naik 7,65 poin atau 0,16% ke 4.914,22 dan Nasdaq Composite naik 122,08 poin atau 0,80% ke 15.482,16.

Nasdaq yang sarat teknologi dibuka positif pada hari Jumat karena investor menyambut laporan triwulanan yang kuat dari Meta Platforms dan Amazon.com, sementara laporan pekerjaan yang kuat menjaga sentimen optimis tetap terkendali.

Mengutip Reuters, data laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan upah non-pertanian (non-farm payrolls) naik sebesar 353.000 pada bulan Januari, jauh lebih tinggi dari perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Reuters sebesar 180.000.

Baca Juga: Wall Street Reli: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Ditutup Menguat

Pengangguran mencapai 3,7% di bulan Januari, lebih rendah dari perkiraan 3,8%.

“Laporan pekerjaan yang kuat menunjukkan bahwa permintaan di pasar tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan,” kata Richard Flynn, direktur pelaksana Charles Schwab Inggris.

“Meskipun suku bunga yang lebih rendah pasti akan disambut baik, namun menjadi semakin jelas bahwa pasar dan perekonomian mampu mengatasi dengan baik era suku bunga tinggi, sehingga investor mungkin merasa bahwa kebutuhan akan pelonggaran kebijakan moneter tidak terlalu mendesak.”

Mendorong sentimen, saham Meta melonjak 17,2% dalam perdagangan pre market setelah menerbitkan dividen pertamanya menjelang ulang tahun ke-20 Facebook, bersamaan dengan pendapatan dan laba yang mengalahkan penjualan iklan yang kuat di periode belanja liburan.

Perusahaan media sosial lainnya, Snap dan Pinterest, sahamnya masing-masing naik hampir 5%.

Saham Amazon.com melonjak 7,2% menyusul penurunan pendapatan pada kuartal keempat karena fitur AI generatif baru di bisnis cloud dan ecommerce mendorong pertumbuhan yang kuat selama periode liburan yang penting.

“Rasanya situasi yang lebih sehat jika pasar didorong oleh pendapatan yang kuat dan kesuksesan perusahaan daripada terus-menerus menebak-nebak kapan bank sentral akan menurunkan suku bunganya,” kata direktur investasi AJ Bell, Russ Mould.

Di sisi lain, saham Apple turun 3,5% setelah memperkirakan penurunan penjualan iPhone dan menargetkan pendapatan keseluruhan $6 miliar di bawah ekspektasi, karena bisnisnya di China terpukul.

Baca Juga: Wall Street Menguat di Perdagangan Perdana Februari

Pendapatan dari trio teknologi tersebut, yang merupakan bagian dari kelompok saham megacap yang populer disebut Magnificent 7, kemungkinan akan mengimbangi beberapa kekhawatiran atas valuasi mereka yang kaya dan bobot yang terlalu besar di S&P 500, setelah proyeksi biaya AI yang mengecewakan dari Alphabet dan Microsoft serta peringatan pertumbuhan Tesla.

Nvidia, salah satu anggota kelompok saham papan atas, mengalami lonjakan nilai pasar yang memecahkan rekor pada bulan Januari, didorong oleh meningkatnya optimisme kecerdasan buatan, proyeksi analis yang positif, dan pengumuman perluasan penawaran AI.

Pada perdagangan sebelumnya, Wall Street rebound dari aksi jual pada hari Rabu setelah Federal Reserve membatalkan spekulasi bahwa penurunan suku bunga dapat dimulai pada awal bulan Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×