kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Bergerak Naik karena Kekhawatiran Krisis Perbankan Mereda, Senin (27/3)


Senin, 27 Maret 2023 / 21:33 WIB
Wall Street Bergerak Naik karena Kekhawatiran Krisis Perbankan Mereda, Senin (27/3)
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street melaju di zona hijau pada perdagangan hari Senin (27/3). Kekhawatiran tentang sektor perbankan mereda menyusul kesepakatan pembelian simpanan dan pinjaman dari kegagalan Silicon Valley Bank.

Melansir Reuters, pukul 09:33 waktu setempat, Dow Jones Industrial Average naik 283,97 poin atau 0,88% ke 32.521,50, S&P 500 naik 27,07 poin atau 0,68% ke 3.998,06, dan Nasdaq Composite naik 34,75 poin atau 0,29 % pada 11.858,71.

First Citizens BancShares Inc akan mengakuisisi bagian dari Silicon Valley Bank, yang runtuh awal bulan ini dalam kegagalan bank terbesar sejak krisis keuangan 2008, menimbulkan kekhawatiran tentang krisis likuiditas di sektor tersebut.

Baca Juga: Efek Runtuhnya SVB dkk, Dana US$ 286 Miliar Banjiri Pasar Uang AS

Saham First Citizens melonjak 44,7% dan saham First Republic Bank melonjak 27% karena laporan bahwa otoritas Amerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan lebih banyak dukungan untuk perbankan.

"Berita tentang SVB dibeli mungkin menenangkan beberapa kegelisahan yang terjadi di sektor perbankan," kata Randy Frederick, direktur pelaksana perdagangan dan derivatif di Charles Schwab.

"Setiap bank yang diintervensi oleh FDIC yang diselesaikan dengan cara di mana orang tidak kehilangan uang menambah unsur kepercayaan pada sektor ini dan mudah-mudahan orang-orang menjadi tenang," tambah Frederick.

Saham Bank regional Western Alliance Bancorp dan PacWest Bancorp juga naik masing-masing 4,8% dan 6%.

Saham bank-bank besar AS seperti JPMorgan Chase & Co, Citigroup dan Bank of America naik antara 1,6% dan 3,3%.

Indeks Perbankan Regional KBW naik 2,2% dan indeks perbankan S&P 500 naik hampir 3%.

Saham keuangan, naik sekitar 2%, memimpin kenaikan sektoral, dengan 10 dari 11 indeks sektor S&P 500 lebih tinggi.

Saham bank Eropa juga pulih dari penurunan pekan lalu ketika lonjakan credit default swap Deutsche Bank, sejenis asuransi untuk pemegang obligasi, telah memperburuk kekhawatiran tentang kesehatan bank di kawasan tersebut.

Baca Juga: Wall Street Perkasa: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Ditutup Menguat di Akhir Pekan

Asal tahu, imbal hasil US Treasury naik pada hari Senin karena kekhawatiran tentang sektor perbankan mereda, membebani saham berbasis pertumbuhan seperti Meta Platforms, Microsoft Corp, dan Apple Inc.

Pedagang sebagian besar menghargai bahwa Federal Reserve akan menghentikan kenaikan suku bunga pada bulan Mei, di tengah kekhawatiran tentang tekanan sektor perbankan yang berpotensi menyebabkan penurunan ekonomi yang tajam.

Terlepas dari gejolak di pasar keuangan, dalam dua minggu terakhir benchmark S&P 500 dan Nasdaq yang padat teknologi mencatat kenaikan dua minggu terbesar sejak awal Februari dan berada di jalur untuk kenaikan triwulanan.

Investor juga menunggu sejumlah data ekonomi minggu ini, termasuk laporan inflasi yang dapat memberi lebih banyak petunjuk tentang jalur kebijakan moneter The Fed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×