kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Perkasa: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Ditutup Menguat di Akhir Pekan


Sabtu, 25 Maret 2023 / 06:47 WIB
Wall Street Perkasa: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Ditutup Menguat di Akhir Pekan
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street ditutup menguat


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street ditutup menguat dan menandai akhir minggu yang penuh gejolak karena pejabat Federal Reserve menenangkan ketakutan investor atas potensi krisis likuiditas di sektor perbankan.

Jumat (24/3), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 132,28 poin atau 0,41% menjadi 32.237,53, indeks S&P 500 menguat 22,27 poin atau 0,56% ke 3.970,99 dan indeks Nasdaq Composite menguat 36,56 poin atau 0,31% ke 11.823,96.

Sembilan dari 11 sektor utama di indeks S&P 500, dengan sektor defensif seperti utilitas dan real estate menikmati persentase keuntungan terbesar. Sektor konsumen dan keuangan adalah dua sektor yang melemah.

Sebelumnya, ketiga indeks saham utama AS memulai sesi dengan koreksi tajam di tengah aksi jual di antara bank-bank Eropa, kerugian tersebut berbalik dengan bel penutupan, mengulangi perjalanan roller coaster intraday dari sesi baru-baru ini.

Pada akhir pekan yang naik-turun, ditandai dengan kenaikan suku bunga The Fed dan meningkatnya kekhawatiran atas kesehatan sistem perbankan, ketiga indeks membukukan kenaikan mingguan.

Baca Juga: Wall Street Turun, Pernyataan Yellen Belum Mampu Meredakan Kekhawatiran Krisis Bank

"Pasar ekuitas melayang lebih tinggi karena kekhawatiran tentang gejolak perbankan lain di AS atau di luar negeri," kata David Carter, direktur pelaksana di JPMorgan Private Bank di New York.

"Wall Street mengambil isyarat dari Washington dan ibu kota lain yang berkaitan dengan suku bunga dan peraturan perbankan."

Dalam penampilan terpisah, tiga presiden The Fed regional mengatakan bahwa keyakinan mereka bahwa sistem perbankan tidak menghadapi krisis likuiditas menyebabkan keputusan untuk menerapkan kenaikan suku bunga kebijakan 25 basis poin pada hari Rabu.

Tetapi sementara pejabat The Fed terus melihat kenaikan suku bunga tambahan sebagai kemungkinan yang kuat, pasar keuangan sekarang mendukung kemungkinan tidak ada kenaikan sama sekali pada akhir pertemuan kebijakan berikutnya di bulan Mei.

"The Fed mungkin sedikit menganga karena mengatakan lebih banyak kenaikan suku bunga mungkin akan datang tahun ini," tambah Carter dari JPMorgan. "Ini membantu tujuan inflasi mereka dan menunjukkan kepercayaan pada sistem ekonomi kita."

Kekhawatiran atas potensi penularan di luar bank regional yang mengancam untuk menyebar ke rekan-rekan mereka yang lebih besar dipicu oleh aksi jual saham bank Eropa.

Baca Juga: IHSG Naik 1,26%, Ini 10 Saham Top Gainers dan Top Losers Sepekan

Aksi jual itu didorong oleh meningkatnya biaya untuk mengasuransikan utang Deutsche Bank, yang diungkapkan oleh credit default swaps, yang terjadi setelah pembelian Credit Suisse yang disponsori negara, telah menambah narasi tekanan di seluruh sektor.

Tapi kekhawatiran itu mereda pada sore hari.

Pada sesi ini, saham Deutsche Bank yang diperdagangkan di AS turun 3,1%.

Saham bank-bank besar AS, seperti JPMorgan Chase & Co, Wells Fargo memangkas kerugiannya tetapi masih berakhir lebih rendah. Sedangkan saham Bank of America berhasil menguat di akhir sesi.

Pemberi pinjaman regional PacWest Bancorp, Western Alliance Bancorp, masing-masing melonjak 3,2% dan 5,8%. Sementara saham First Republic Bank turun 1,4%.

Saham Activision Blizzard melonjak 5,9% setelah regulator persaingan Inggris membatalkan beberapa masalah persaingan dalam kesepakatan Microsoft-Activision.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×