kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall St: S&P 500 DItutup pada Rekor Baru, Nasdaq Naik Hampir 3% Didorong Nvidia


Jumat, 23 Februari 2024 / 05:38 WIB
Wall St: S&P 500 DItutup pada Rekor Baru, Nasdaq Naik Hampir 3% Didorong Nvidia
ILUSTRASI. Traders work on the floor at the New York Stock Exchange (NYSE) in New York City, U.S., February 1, 2024. REUTERS/Brendan McDermid


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - S&P 500 melonjak ke level tertinggi baru pada hari Kamis (22/2), setelah raksasa chip Nvidia melaporkan hasil kuartalan yang jauh lebih kuat dari perkiraan. Sehingga mengangkat pasar dan sektor teknologi secara lebih luas.

Melansir Reuters, Indeks S&P 500 naik 2,11% menjadi ditutup pada 5.087,03, mencatat hari terbaiknya sejak Januari 2023.

Baca Juga: Pesta Saham AS Picu Lonjakan Indeks Global, Nikkei Tembus Rekor 34 Tahun,

Nasdaq Composite naik 2,96% untuk hari terbaiknya sejak Februari 2023, ditutup pada 16,041.62. Indeks teknologi tinggi ini hampir mencapai penutupan tertinggi sepanjang masa di 16,057.44.

Industri Dow Jones melonjak 456.87 poin, atau 1.18%, melampaui 39,000 untuk pertama kalinya dan ditutup pada level tertinggi baru di 39,069.11.

Saham Nvidia melonjak 16,4% ke level tertinggi sepanjang masa setelah perusahaan chip tersebut mengatakan total pendapatannya meningkat sebesar 265% dari tahun lalu – didorong oleh boomingnya bisnis kecerdasan buatan.

Nvidia, yang telah menjadi salah satu perusahaan AS terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, juga memperkirakan perolehan pendapatan yang luar biasa untuk kuartal ini, bahkan di tengah ekspektasi tinggi akan pertumbuhan besar-besaran.

Baca Juga: Hore! Indeks S&P 500 dan Dow Jones Pecah Rekor Baru, Didorong Saham Nvidia

Nama-nama perusahaan teknologi lainnya juga menguat. Meta, Perusahaan induk Facebook dan Amazon naik masing-masing sekitar 3,9% dan 3,5%.

Saham Microsoft dan Netflix masing-masing maju lebih dari 2%.

“Apa yang kami lihat adalah badai keuntungan penggerak pertama yang sangat positif, dikombinasikan dengan pangsa pasar 80% dan prospek positif untuk pertumbuhan masa depan di bidang yang berpotensi mengubah tidak hanya sektor teknologi tetapi juga fungsi banyak industri,” kata Gerald B. Goldberg, CEO dan GYL Financial Synergies dilansir dari CNBC.

Antusiasme AI telah mendorong peningkatan yang mencengangkan di Nvidia, bersama dengan nama-nama perusahaan teknologi besar lainnya, selama setahun terakhir.

Baca Juga: Wall Street Menguat Ditopang Reli Saham Nvidia

Ledakan kuartal yang terjadi pada produsen chip ini dapat semakin meningkatkan kepercayaan terhadap sektor yang telah memberikan manfaat bagi pasar yang lebih luas.

Phillip Colmar dari MRB Partners mencatat, ekuitas mendapat manfaat dari pertumbuhan pendapatan dan aktivitas ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan.

Namun, dia mengatakan, saham-saham masih bisa turun jika pertumbuhan ekonomi pada akhirnya diperhitungkan dalam imbal hasil obligasi yang lebih tinggi.

“Saham-saham AS yang berkapitalisasi besar, atau 'Magnificent 7', sangat berbusa. Mereka mempunyai ekspektasi pendapatan yang sangat tinggi dan penilaian yang sangat tinggi sehingga tidak memberikan ruang untuk kekecewaan,” kata Colmar.

Baca Juga: GLOBAL MARKETS - Nvidia Fuels Worldwide Stock Frenzy, Bond Yields Rise

Dia mencatat bahwa reli pasar yang dipicu oleh Nvidia masih membawa “risiko yang melekat”, mengingat sifat siklus saham semikonduktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×