kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Trump melunak, harga emas tertekan


Rabu, 14 Agustus 2019 / 14:04 WIB
Trump melunak, harga emas tertekan
ILUSTRASI. Emas batangan dan koin emas

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas hari ini melemah seiring meredanya ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Berdasarkan Bloomberg, pada Rabu (14/8) pukul 13.54 WIB harga emas di pasar spot melemah 0,28% menjadi US$ 1.497,31 per ons troi.

Baca Juga: Harga emas Antam terkoreksi tipis, Rabu (14/8)

Sementara harga emas Comex untuk pengiriman Desember 2019 juga terpantau melemah 0,35% menjadi US$ 1.508,80 per ons troi.

Penurunan harga emas ini tak lepas dari meredanya ketegangan perang dagang setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan penundaan pengenaan tarif impor baru terhadap produk dari China. Mulai dari ponsel, laptop sampai barang konsumsi lainnya.

Baca Juga: Wall Street ditutup naik, terangkat penundaan tarif barang impor China

"Berkurangnya ketegangan perdagangan telah memberikan harapan di pasar yang mendorong pasar ekuitas, sehingga mengendurkan emas," kata John Sharma, seorang ekonom di National Australia Bank seperti dikutip Reuters.

“Namun, sengketa perdagangan masih belum terselesaikan. Kemudian risiko geopolitik di Hong Kong, tren pertumbuhan global dan kami juga memprediksi setidaknya satu pemotongan lagi dari Federal Reserve. Semua faktor ini mendukung untuk emas,” tambah Sharma.




TERBARU

Close [X]
×