kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45976,43   4,23   0.43%
  • EMAS915.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tips memilih reksadana saham di tengah potensi pemulihan ekonomi


Sabtu, 14 Agustus 2021 / 21:13 WIB
Tips memilih reksadana saham di tengah potensi pemulihan ekonomi
ILUSTRASI. Tips memilih reksadana saham di tengah potensi pemulihan ekonomi

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah potensi pemulihan ekonomi Indonesia ke depan, reksadana saham dinilai punya prospek kinerja yang menarik.

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Freddy Tedja, meyakini reksadana saham dapat menjadi pilihan di periode yang sesuai sebagai entry point seperti saat ini, terutama bagi investor jangka panjang maupun yang berprofil agresif.  Ia pun membagikan beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih reksadana saham.

Pertama, sesuaikan dengan tujuan investasi seiring reksadana memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi.  Bagi investor dengan profil risiko moderat atau memiliki horizon investasi jangka menengah, sedikit porsi reksadana saham bisa dimanfaatkan sebagai booster untuk menggenjot kinerja portofolio investasi.

Sementara bagi investor agresif dan punya tujuan jangka panjang, maka bisa mengoptimalkan porsi reksadana saham.

Baca Juga: Pertamina targetkan kontribusi EBT meningkat hingga 17% pada tahun 2030

Kedua, memilih Manajer Investasi (MI) yang terpercaya. Freddy menyebut, dalam hal ini investor harus mencari tahu rekam jejak MI yang akan mengelola dana kita. Bisa dengan melalui mengecek legalitas, mencari tahu perusahaan yang terafiliasi dengan MI tersebut, para profesional di dalamnya, serta tata kelola perusahaan yang diterapkan di MI tersebut.

Ketiga, cari tahu strategi pengelolaan reksadana, misalnya ada yang menggunakan tema investasi berdasarkan kapitalisasi pasar, syariah, konvensional, ESG, dan lain sebagainya), atau berdasarkan sektor tertentu. Kita harus mendapat informasi lengkap mengenai hal tersebut, memilih yang paling sesuai dengan tujuan investasi kita,” kata Freddy dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8).

Langkah berikutnya adalah memperhatikan konsistensi kinerja reksadana untuk periode menengah panjang. Freddy menjelaskan, terdapat beberapa perusahaan domestik maupun global yang mengadakan pemeringkatan reksadana. Salah satu perusahaan pemeringkat yang terpercaya adalah Morningstar Rating.  

Baca Juga: BI sebut peluang pembiayaan ekonomi dari investor ritel domestik meningkat

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×