kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tingkatkan kualitas wakil pialang, Bappebti gelar program pelatihan


Kamis, 08 Agustus 2019 / 14:26 WIB
Tingkatkan kualitas wakil pialang, Bappebti gelar program pelatihan

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Tjahya Widayanti membuka penyelenggaraan Program Pelatihan Peningkatan Profesi Wakil Pialang Berjangka (P4WPB), Kamis (8/8). Program yang telah memasuki angkatan kedua tahun 2019 ini bertujuan untuk peningkatan kualitas wakil pialang berjangka untuk peningkatan pelayanan kepada nasabah pialang berjangka.

Tjahya bilang P4WPB merupakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas potensi SDM pada wakil pialang berjangka. Menurutnya, peningkatan kualitas ini ditujukan untuk menambah daya saing antar SDM.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita harus melihat diri apakah harus meningkatkan kompetensi dan kualitas yang dimiliki,” ujar Tjahya.

Selain itu, Tjahya mengatakan ke depannya akan ada standar kompetensi tersendiri untuk wakil pialang berjangka. Ia bilang saat ini proses penyusunan Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKK) sedang dilakukan dan bisa ditingkatkan menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“Kalau kita sudah punya standar itu, tentu saja kita yakin dan memiliki kepedean mencari investor,” jelas Tjahya.

Tjahya juga mengusulkan wakil pialang berjangka untuk memiliki asosiasi sendiri. Saat ini asosiasi yang ada hanyalah asosiasi perusahaan perdagangan berjangka yaitu Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo). 

Ia berpendapat hal ini dapat memperkuat dari sisi kelembagaan wakil pialang berjangka.

Setelah SKK dan SKKNI, Tjahya berencana akan mengeluarkan peraturan keberagaman terkait kualifikasi kerangka kerja Indonesia. Hal ini bisa menjadi rambu-rambu untuk menjalankan pialang bekerja di Indonesia.

Menurut laporannya, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) F. Wisnubroto mengatakan bahwa peserta P4WPB untuk angkatan kedua ini berjumlah 12 orang. 

Sebelumnya, jumlahnya 50 peserta namun karena pelaksanaannya dipercepat yang bisa mengikuti pelatihan pada angkatan kedua ini hanya 12 orang sehingga sisanya akan ikut di angkatan berikutnya. Total akan ada tujuh angkatan di tahun 2019 untuk peserta P4WPB.


Tag


TERBARU

Close [X]
×