kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkuak, Petrindo (CUAN) Rogoh Kocek hingga Rp 940 Miliar untuk Akuisisi Saham PTRO


Jumat, 05 Januari 2024 / 17:01 WIB
Terkuak, Petrindo (CUAN) Rogoh Kocek hingga Rp 940 Miliar untuk Akuisisi Saham PTRO
ILUSTRASI. PT Petrosea Tbk PTRO


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Nilai akuisisi saham PT Petrosea Tbk (PTRO) oleh PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) akhirnya terkuak. Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (5/1), nilai pembelian saham PTRO oleh CUAN mencapai Rp 940 miliar.

Ini adalah nilai pembelian terhadap 342,92 juta saham PTRO milik PT Caraka Reksa Optima, yang mewakili kurang lebih 34% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PTRO.

Pembayaran akan dilakukan oleh anak usaha CUAN, yakni PT Kreasi Jasa Persada kepada Caraka Reksa Optima dengan cara pemindahan dana melalui transfer ke rekening bank CRO.

Sebelumnya, para penjual dan pembeli harus memenuhi sejumlah syarat pendahuluan. Persyaratan pembeli di antaranya telah menyelesaikan uji tuntas (due diligence) terhadap PTRO sesuai dengan ketentuan perjanjian pembelian saham bersyarat tanggal 7 November 2023.

Baca Juga: Kas Anjlok Hingga Rp 1,6 Triliun, Begini Penjelasan Global Digital Niaga (BELI)

Selain itu, pembeli telah memenuhi prosedur transaksi material sebagaimana dipersyaratkan Pasal 6 POJK 17/2020, termasuk memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS).

Dari sisi penjual, syarat pendahuluan  yang harus dipenuhi yakni penjual telah memperoleh persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan, termasuk persetujuan dari pemegang saham penjual. Batas akhir pemenuhan syarat antara pembeli dan penjual yakni 31 Maret 2024.

Rencana akuisisi yang akan dilakukan oleh Kreasi Jasa Persada merupakan strategi jangka panjang sebagai bagian dari grup Petrindo.

Akuisisi ini bertujuan untuk menambah aset, memperluas jaringan usaha, serta sebagai bagian dari rencana pengembangan usaha jangka panjang CUAN untuk menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi.

 

Baca Juga: Chandra Asri Petrochemical (TPIA) Berubah Jadi PT Chandra Asri Pacific, Ini Alasannya

Akuisisi PTRO juga diharapkan akan meningkatkan kinerja operasional menjadi lebih efisien dan efektif dengan mengintegrasikan operasi serta memperkuat portofolio bisnis CUAN di sektor pertambangan batubara, emas, nikel, gas, dan infrastruktur yang telah beroperasi penuh.

Akuisisi diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan dukungan positif terhadap kinerja CUAN  secara keseluruhan, serta untuk mencapai target agar terciptanya sinergi terbaik yang dapat memperkuat posisi CUAN sebagai salah satu perusahaan di bidang pertambangan yang terintegrasi di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×