kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Deretan Ekspansi Petrindo (CUAN): Akuisisi PTRO Hingga Anak Usaha INDY


Rabu, 08 November 2023 / 12:57 WIB
Deretan Ekspansi Petrindo (CUAN): Akuisisi PTRO Hingga Anak Usaha INDY
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja pertambangan batubara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN). Geliat ekspansi bisnis Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) masih terus bergulir.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Geliat ekspansi bisnis PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) masih terus bergulir. Terkini, CUAN mengakuisisi sebagian saham PT Petrosea Tbk (PTRO). PTRO merupakan emiten yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, teknik, pengadaan & konstruksi multi-disiplin, serta perusahaan jasa minyak & gas.

Akuisisi ini dilakukan CUAN melalui PT Kreasi Jasa Persada yang merupakan entitas anak langsung yang dikendalikan dan dimiliki sebesar 99,98% oleh CUAN.

CUAN akan membeli saham PTRO dari PT Caraka Reksa Optima. Adapun jumlah saham milik Caraka Reksa Optima di dalam PTRO yang rencananya akan dibeli dan diambil alih oleh Kreasi Jasa Persada berdasarkan perjanjian pembelian saham bersyarat adalah sebanyak 342,92 juta lembar saham atau mewakili 34% dari keseluruhan modal disetor dan ditempatkan PTRO

Apabila rencana transaksi berlaku efektif, maka Kreasi Jasa Persada menjadi pengendali PTRO. Kemudian, PTRO akan menjadi anak usaha CUAN.

Baca Juga: Saham CUAN Bisa Ditransaksikan Lagi Hari Ini (8/11) Setelah Suspensi Sehari

Belum lama ini, tepatnya pada 22 September 2023, CUAN menandatangani perjanjian jual beli bersyarat  dengan PT Indika Indonesia Resources dan Indika Capital Investments Pte Ltd yang  keduanya adalah anak perusahaan PT Indika Energy Tbk (INDY). Perjanjian ini diteken untuk memperoleh 100% kepemilikan PT Multi Tambangjaya Utama

Asal tahu, Multi Tambangjaya Utama adalah anak usaha INDY, yang merupakan perusahaan pertambangan batubara termal dan batubara metalurgi bituminous yang berlokasi di Kalimantan Tengah. Multi Tambangjaya Utama memiliki Perjanjian Kontrak Karya Pertambangan Batubara (PKP2B) generasi ke-3 dengan area konsesi yang luas mencapai 24.970 hektare.

Dalam ketentuan perjanjian jual beli bersyarat, CUAN akan membeli seluruh 2.263.030.000 saham di PT Multi Tambangjaya Utama, termasuk Hak pemasaran terkait yang dimiliki oleh Indika Capital Investments dengan total nilai sebesar US$ 218 juta.

Baca Juga: CUAN Resmi Umumkan Rencana Akuisisi Saham PTRO

CUAN juga aktif melebarkan bisnisnya ke sektor lain, salah satunya komoditas pasir silika. Salah satu entitas anak yang dimiliki oleh CUAN, yaitu PT Prima Mineral Investindo (PMI) membeli sebanyak 85% saham PT Sepekat Salut Sejahtera

Sepekat Salut Sejahtera saat ini telah memperoleh Izin Usaha Pertambangan (IUP) pasir silika di Kutai, Kartanegara, Kalimantan Timur, untuk wilayah kerja seluas 98,61 Ha.

Kemudian, pada 4 September 2023, CUAN mengumumkan masuk ke bisnis mineral emas. Diversifikasi usaha ini dilakukan CUAN melalui anak usahanya, yakni PT Intam. PT Intam memiliki wilayah konsesi pertambangan emas seluas 18.500 hektare di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, bersebelahan dengan dua konsesi emas lainnya di Sumbawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×