kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Suspensi saham Majapahit Inti Corpora (AKSI) dibuka hari ini


Kamis, 19 Desember 2019 / 06:31 WIB
Suspensi saham Majapahit Inti Corpora (AKSI) dibuka hari ini
ILUSTRASI. Saham Majapahit Inti Corpora kena suspensi karena kenaikan harga kumulatif yang signifikan.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka kembali perdagangan saham PT Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI) pada hari ini, Kamis (19/12). Kemarin, BEI menyetop perdagangan AKSI karena terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

"Suspensi atas perdagangan saham Majapahit Inti Corpora di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I tanggal 19 Desember 2019," ungkap BEI dalam pengumuman bursa, Rabu (18/12).

Baca Juga: Segera RUPS untuk rights issue, saham Majapahit Inti Corpora (AKSI) kena suspensi

 

Harga saham AKSI melejit 24,98% ke Rp 1.605 per saham pada Selasa (17/12). Lonjakan harga saham AKSI sudah terjadi sejak akhir November lalu. Sepanjang Desember, harga saham AKSI sudah naik 63,78%. Di semester kedua tahun ini, harga saham AKSI sudah naik 473,21%.

BEI telah memasukkan saham AKSI dalam kategori unusual market activity (UMA) pada 9 Desember 2019 lalu. BEI mencermati perkembangan pola transaksi saham AKSI yang bergerak di luar kebiasaan.

Sebelumnya, BEI mengumumkan UMA saham AKSI pada 27 September 2019. BEI pun pernah menyetop perdagangan saham ini pada periode 6-26 September 2018.

Baca Juga: BEI mencermati saham Majapahit Inti Corpora yang melonjak 131%

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI, AKSI akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa pada 23 Desember untuk meminta persetujuan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue. AKSI akan menjual sebanyak-banyaknya 26,78 miliar saham baru. Selain itu, AKSI juga akan meminta restu perubahan nama perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan.

Total saham yang diterbitkan ini jauh lebih besar ketimbang total saham yang dikeluarkan hingga saat ini oleh AKSI. Per Oktober 2019, total saham yang dikeluarkan oleh AKSI mencapai 720 juta. Dari total tersebut, PT Batulicin Enam Sembilan Transportasi memiliki 665,70 juta saham atau setara 92,46% saham AKSI. Sedangkan saham sisanya dimiliki oleh publik.

Baca Juga: Majapahit Inti Corpora (AKSI) berniat menerbitkan saham baru untuk penuhi free float

Dalam keterbukaan informasi rights issue, AKSI menyebut akan menggunakan dana hasil penerbitan saham baru ini untuk pengembangan bisnis, termasuk melalui akuisisi aset dan atau saham perusahaan yang sejalan dengan kegiatan usaha Majapahit Inti Corpora.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×