kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Sudah naik tinggi, harga platinum terkoreksi


Kamis, 14 Maret 2019 / 19:20 WIB
Sudah naik tinggi, harga platinum terkoreksi

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi fundamental harus melemahkan harga platinum kini. Harga komoditas logam mulia ini pun diyakini bisa menguat dengan beberapa faktor eksternal.

Mengutip Bloomberg, pukul 17.27 WIB, harga platinum di New York Exchange Merchantile (Nymex) kontrak April 2019 melemah di level US$ 833,30 per ons troi. Angka ini turun 0,99% dari harga sebelumnya US$ 841,70 per ons troi. Namun dalam sepekan harga malah naik 1,98%.


Senior Riset dan Analis Asia Trade Point Futures, Cahyo Dewanto menilai harga platinum melemah karena kondisi fundamental platinum itu sendiri. Dia bilang laporan World Platinum Investment Council (WPIC) menyatakan bahwa stok platinum bulan ini akan surplus tinggi sekitar 680.000 ons. Kenaikan ini dipicu oleh besarnya pasokan dari Afrika Selatan.

Selain itu, harga platinum kembali tergerus karena adanya pengetatan standar emisi tinggi di industri otomotif. "Hal ini membuat permintaan platinum terseleksi dengan kualitas tinggi. Sehingga serapan platinum di pasar menurun," ucap Cahyo kepada Kontan.co.id, Kamis (14/3).

Ditambah risiko Brexit yang membuat pelaku pasar berlindung pada aset safe haven yaitu dollar Amerika Serikat (AS). Ketika investor memilih dollar AS, maka harga logam akan tertekan, termasuk platinum. Cahyo melihat harga platinum akan menguat seiring seruan mogok kerja pekerja tambang yang saat ini masih berlangsung. Hal ini bisa mengganggu pasokan dunia, mengingat Afrika selatan adalah pemasok 70% dari pasokan platinum dunia.

Secara teknikal, Cahyo melihat bahwa harga berada di bawah garis moving average (MA) 20, namun berada di atas MA 50, MA 100 dan MA 200. Untuk indikator RSI bergerak netralsi area 14, dan indikator stochastic di bawah area 9,6.

"Secara tren, harga masih berada di jalur bullish. Untuk itu pedagang disarankan untuk melihat kedepan apakah penurunan sebagai koreksi biasa, atau pembalikkan tren," pungkas Cahyo.

Besok, Cahyo memperkirakan harga platinum bergerak di level US$ 830 sampai US$ 850 per ons troi. Sementara sepekan harga bergerak di rentang US$ 780 sampai US$ 950 per ons troi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×