kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah Dolar Kanada Menguat Paling Tinggi Terhadap Rupiah, Yen Jepang Patut Dilirik


Selasa, 13 Juni 2023 / 19:53 WIB
Setelah Dolar Kanada Menguat Paling Tinggi Terhadap Rupiah, Yen Jepang Patut Dilirik
ILUSTRASI. Yen Jepang


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dolar Kanada (CAD) menjadi mata uang dengan penguatan tertinggi terhadap rupiah (IDR) pada bulan Mei 2023. Berdasarkan data Bloomberg, kurs CAD terhadap rupiah menguat 2,32% ke level Rp 10.991,12, dari Rp 10.742,25 per dolar Kanada pada April 2023.

Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo mengatakan, penguatan CAD terhadap IDR berhubungan dengan penurunan harga komoditas dan energi karena prospek pertumbuhan ekonomi global yang menurun.

Baca Juga: Rupiah Menantikan Rilis Data Inflasi AS dan CPI Nanti Malam

"Penurunan harga minyak dan gas yang tajam membatasi likuiditas dolar Kanada," ucap Sutopo saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (13/6).

Untuk ke depannya, Sutopo menilai mata uang yang menarik dilirik adalah Yen Jepang (JPY). Mengingat, selisih suku bunga acuan bank sentral Jepang dengan suku bunga acuan Bank Indonesia tergolong lebar.

"Bank of Japan masih tetap mempertahankan kebijakan ultra-akomodatifnya dengan suku bunga negatif sehingga IDR masih memiliki kemungkinan untuk menguat terhadap JPY," kata Sutopo.

Mata uang JPY tersebut relatif lebih stabil sehingga relatif aman. Sutopo memprediksi, kurs JPY-IDR berpotensi bergerak dalam rentang Rp 98-Rp 112 per Yen Jepang hingga akhir tahun.

Pada perdagangan Selasa (13/6), rupiah menguat 0,22% menjadi Rp 106,53 per Yen Jepang.

Baca Juga: Rupiah Spot Ditutup Stagnan di Level Rp 14.863 Per Dolar AS Pada Selasa (13/6)

Sementara itu, rupiah lebih rentan melemah terhadap mata uang sensitif risiko, seperti Euro (EUR) dan pound sterling (GBP). Pasalnya, dalam waktu dekat, bank sentral mereka akan menaikkan suku bunga acuannya sehingga berpotensi melemahkan rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×