kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat melonjak berkat Elon Musk, bagaimana harga Dogecoin hari ini, Kamis (16/12)?


Kamis, 16 Desember 2021 / 07:33 WIB
Sempat melonjak berkat Elon Musk, bagaimana harga Dogecoin hari ini, Kamis (16/12)?
ILUSTRASI. Sempat melonjak berkat Elon Musk, bagaimana harga Dogecoin hari ini, Kamis (16/12)?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Harga uang kripto atau crypto currency Dogecoin sempat melonjak beberapa hari lalu setelah menjadi alat pembayaran di Tesla. Apakah harga Dogecoin terus menanjak berkat kebijakan di perusahaan mobil listrik tersebut.

Nyatanya, lonjakan harga uang kripto Dogecoin hanya sementara. Harga Dogecoin kembali tren melemah.

Coinmarketcap mencatat pada perdagangan hari ini Kamis 16 Desember 2021 pukul 7.24 WIB, harga Dogecoin di level US$ 0,1829 per coin. Harga Dogecoin ini turunĀ  2,57% dibandingkan sehari sebelumnya. Selama sepekan, terakhir harga Dogecoin turun 1,91%.

Dengan harga tersebut, Dogecoin tetap menjadi uang kripto dengan nilai pasar terbesar ke 11 di dunia, mencapai US$ 24.191.542.148.

Pelemahan harga Dogecoin berbanding terbalik dengan mata uang kripto lain yang tergabung dalam 10 kelompok uang kripto dengan nilai pasar terbesar di dunia. Harga Bitcoin yang merupakan uang kripto dengan nilai pasar terbesar mencapai US$ 49.065,45, naik 1,22% dari sehari sebelumnya. Selama sepekan terakhir, harga Bitcoin naik 2,99%.

Diberitakan Kompas.com, harga Dogecoin melonjak lebih dari 43% pada Selasa (14/12/2021). Harga Dogecoin melesat terjadi setelah CEO Tesla Elon Musk mencuit bahwa perusahaan mobil ini menambahkan sistem pembayaran dengan Doge untuk membeli beberapa barang dagangan di situs webnya.

Dilansir Investopedia, Tesla menjual berbagai produk di situs webnya, termasuk merchandise seperti cyberwhistles, replika cybertruck, dan topi. Menurut Musk, Dogecoin lebih cocok sebagai mekanisme pembayaran dibandingkan dengan Bitcoin.

Baca Juga: Harga Bitcoin turun hingga ke level US$ 46.000-an, bagaimana prediksi ke depan?

Di Coinbase, bursa perdagangan terbesar di Amerika Utara berdasarkan volume, harga Dogecoin melonjak sekitar 44% menjadi 0,23 dollar AS dalam satu jam setelah tweet Musk. Cryptocurrency ini memiliki kapitalisasi pasar 25,5 miliar dollar AS dan jadi koin paling berharga kesembilan di pasar crypto, menurut Coinmarketcap.

Pendukung Dogecoin telah meminta koin ini dijadikan pilihan pembayaran di situs web ritel. Tagar #dogearmy di Twitter melobi CEO dan juru bicara terkemuka di perusahaan untuk menawarkan koin sebagai opsi kepada pengecer.

Jaringan teater AMC Entertainment Holdings tunduk pada tekanan awal bulan ini. Mereka memungkinkan pembelian kartu hadiah digital untuk jaringan tersebut menggunakan BitPay, dompet mata uang kripto.

Musk, yang dinobatkan sebagai Person of the Year majalah TIME, mengatakan bahwa Dogecoin "lebih cocok" untuk transaksi dibandingkan dengan Bitcoin karena memiliki volume transaksi dan biaya per transaksi yang lebih rendah. Menurut Musk, Dogecoin "mendorong orang untuk membelanjakan uang daripada menimbun sebagai penyimpan nilai."

Penemu Bitcoin Satoshi Nakamoto awalnya merancang cryptocurrency sebagai media transaksi. Namun, waktu pemrosesan transaksi yang lambat, volatilitas harga, dan batas kapasitas jaringan, telah mencegah penerapannya di antara pedagang.

Selama pandemi, Dogecoin telah diuntungkan oleh antusiasme investor terhadap "saham meme". Harganya telah meroket sekitar 5.900% tahun ini, mencapai hampir 0,70 dollar AS pada satu titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×