kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,92   2,74   0.32%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Semester I-2021, pendapatan Astra Graphia (ASGR) turun 13,79%


Rabu, 28 Juli 2021 / 13:09 WIB
Semester I-2021, pendapatan Astra Graphia (ASGR) turun 13,79%
ILUSTRASI. RUPS PT Astra Graphia Tbk di Jakarta.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) mencatat kenaikan pendapatan bersih sebesar 4% di kuartal II-2021 dibandingkan kuartal I-2021. Namun secara tahunan, pendapatan bersih di semester I tahun 2021 turun 13,79% yoy menjadi Rp 1,25 triliun.

Adapun pendapatan bersih dari unit usaha solusi teknologi informasi meningkat. Sedangkan pendapatan bersih dari unit usaha solusi dokumen dan solusi perkantoran menurun.

Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk (ASGR) Hendrix Pramana menjelaskan, penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services berhasil meningkatkan pendapatan bersih unit usaha solusi teknologi informasi yang dijalankan oleh entitas anak, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT).

Pada unit usaha Solusi Dokumen, rendahnya tingkat aktivitas di lingkungan perkantoran berdampak pada penurunan volume cetak, sehingga pendapatan berulang (annuity) masih belum bertumbuh. 

"Kendati demikian, secara perlahan aktivitas pencetakan di sektor Graphic Art terlihat mengalami pemulihan dibandingkan periode semester pertama tahun lalu," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (28/7).

Baca Juga: Pendapatan Astragraphia (ASGR) terkoreksi 13,46% pada semester I 2021

Melalui unit usaha solusi dokumen, Astragraphia sebagai distributor eksklusif Fujifilm Business Innovation, akan terus memperkuat dan memperluas penetrasi pasar, serta menciptakan inovasi yang relevan terhadap kebutuhan pelanggan.

PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), entitas anak yang menjalankan unit usaha solusi perkantoran, juga telah menandatangani kontrak sebagai penyedia Katalog Elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada tanggal 14 Juni 2021.

Sepanjang paruh pertama tahun ini, ASGR membukukan laba bersih Rp 18,04 miliar. Realisasi tersebut turun 13,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 20,93 miliar.

Menghadapi kondisi perekonomian yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, ASGR melakukan adaptasi, mitigasi, dan mengedepankan operational excellence dalam setiap proses di seluruh lini bisnis. "Sampai dengan 30 Juni 2021, Astragraphia telah melakukan perbaikan di beberapa pos pengeluaran dan mampu mengefisienkan biaya operasional sebesar 4%," paparnya.

Selain itu, dalam segala kondisi Astragraphia berkomitmen untuk memberikan kualitas pelayanan pelanggan yang terbaik dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan. Astragraphia senantiasa mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja dan secara aktif mengajak karyawan beserta keluarga untuk mengikuti program vaksin Covid-19 baik melalui Vaksinasi Program Pemerintah maupun Vaksinasi Gotong Royong.

“Sejak bulan Mei 2021, Astragraphia telah melakukan pemetaan karyawan beserta keluarga inti untuk mengikuti program Vaksinasi Gotong Royong. Program vaksinasi ini akan berlangsung secara bertahap guna melindungi karyawan dan keluarga, serta membantu pemerintah dalam mempercepat terwujudnya herd immunity untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional,” imbuhnya.

Selanjutnya: Group Astra catat kekayaan Rp 174 triliun di pasar saham

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×