CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

Semen Baturaja (SMBR) Bidik Kenaikan Volume Penjualan Hingga 24% Tahun Ini


Rabu, 21 Februari 2024 / 19:09 WIB
Semen Baturaja (SMBR) Bidik Kenaikan Volume Penjualan Hingga 24% Tahun Ini
ILUSTRASI. Pabrik Semen Baturaja (SMBR). Semen Batu.raja (SMBR) bidik kenaikan volume penjualan hingga 24% tahun ini


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) memasang target optimistis tahun ini. Emiten semen ini  menargetkan volume penjualan semen meningkat 24% dibandingkan tahun sebelumnya.  

Pada 2024 ini SMBR membidik penjualan sebesar 2,7 juta ton semen.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2023, SMBR berhasil mencatat kinerja positif dengan realisasi volume penjualan semen mencapai 2,2 juta ton. Realisasi ini meningkat sebesar 8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Vice President of Corporate Secretary Semen Baturaja, Basthony Santri, memperkirakan, industri semen akan mengalami pertumbuhan positif pada tahun 2024, meskipun faktor politik kerap berdampak ke multisektor.

Baca Juga: Indocement (INTP) Siapkan Capex Hingga Rp 1,5 Triliun Tahun Ini

SMBR meyakini bahwa permintaan akan tetap tinggi didukung oleh sektor properti dan konstruksi.

“Karena potensi pemangkasan suku bunga serta kelanjutan proyek-proyek strategis nasional yang dapat meningkatkan penjualan,” kata Basthony kepada Kontan.co.id, Rabu (21/2).

Di sisi lain, Basthony merinci sejumlah sentimen yang mengadang pasar semen tahun ini. Selain tantangan dari faktor politik, SMBR juga menghadapi persaingan pasar yang semakin sengit, peningkatan biaya produksi, dan perubahan regulasi yang lebih ketat terkait lingkungan.

 

Untuk mengatasi hal ini, SMBR bertekad untuk terus berinovasi dalam proses produksi, fokus pada efisiensi, meningkatkan kualitas produk, dan memastikan keberlanjutan operasional.

Baca Juga: Persaingan Ketat, Kinerja Emiten Semen Kokoh

Anak usaha Semen Indonesia  ini mengalokasikan belanja modal alias capital expenditure (capex) senilai Rp 116 miliar tahun ini.

Anggaran capex akan digunakan untuk sejumlah keperluan, mulai dari investasi pengembangan yang dilakukan untuk menunjang bisnis perusahaan serta investasi rutin yang dilakukan untuk menjaga kelancaran operasi.

Hingga akhir September 2023, SMBR mencatatkan pendapatan senilai Rp 1,45 triliun. Pendapatan ini meningkat 9,84% jika dibandingkan pendapatan di akhir September 2022 yang senilai Rp 1,32 triliun. 

Baca Juga: Penjualan Semen Baturaja (SMBR) Tumbuh 9%

Dari sisi bottomline, SMBR membukukan laba periode berjalan atau laba bersih  di angka Rp 54 miliar, naik 25,11% jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang berada di angka Rp 43,16 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×