kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Emiten Bakal Bagi Dividen Interim, Mana yang Menarik?


Minggu, 05 November 2023 / 16:59 WIB
Sejumlah Emiten Bakal Bagi Dividen Interim, Mana yang Menarik?
ILUSTRASI. Sejumlah emiten terjadwal akan segera membagikan dividen interim dalam waktu dekat. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/10/2023.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten terjadwal akan segera membagikan dividen interim dalam waktu dekat.

Misalnya, PT Sigma Energy Compressindo Tbk (SICO) bakal membagikan dividen interim untuk tahun buku 2023 sebesar Rp 2 per saham. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) juga akan membayarkan dividen interim untuk tahun buku 2023 sebesar Rp 15 per saham.

PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) akan membagikan dividen interim tunai tahun buku 2023 sebesar Rp 43 per saham atau total Rp 48,16 miliar. 

PT Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC) secara resmi mengumumkan akan membagikan dividen tengah tahun atau interim sebesar Rp 50 per saham.

PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BUDI) pun berencana untuk membagikan dividen interim kepada pemegang saham untuk periode tahun buku 2023. Total nilai dividen interim yang dibagikan emiten produsen tepung tapioka dan pemanis itu sebesar Rp 26,9 miliar atau sebesar Rp 6 per saham.

Baca Juga: Sejumlah Emiten Bagi Dividen Interim, Simak Rekomendasi Sahamnya

PT Soho Global Health Tbk (SOHO) akan membagikan dividen interim senilai Rp 250,02 miliar. Sementara, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) akan membagikan dividen interim tahun buku 2023 senilai Rp 378 miliar.

Kepala Riset Praus Capital Marolop Alfred Nainggolan mengatakan, keputusan pembagian dividen dari emiten tentu telah memperhitungkan dampaknya terhadap kinerja mereka, khususnya terkait kebutuhan atau sumber pendanaan emiten.

“Jadi, ketika sudah diputuskan, maka pembagian dividen ini tidak akan mengganggu kinerja,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (5/11).

Sehingga, ini yang membuat keputusan pembagian dividen dan dividen interim akan selalu menjadi katalis atau sentimen positif bagi performa saham emiten yang bersangkutan.

Baca Juga: Medco Energi Internasional (MEDC) Bakal Bagi Dividen Interim, Simak Besarannya

“Bagi investor, tentu ini menjadi daya tarik karena dividen merupakan sumber keuntungan bagi pemegang saham selain capital gain,” paparnya.

Menurut Alfred, emiten yang menarik di musim bagi-bagi dividen interim ini adalah mereka yang memiliki dividen yield yang besar.

“Apalagi, jika emiten dengan dividen yield yang tinggi memiliki performa laba yang stabil. Sehingga, investor bisa mengukur potensi dividen yang didapat dalam jangka panjang,” ujarnya.

Alfred pun malihat, kinerja TSPC, SIDO, dan DVLA memiliki performa yang stabil dan pertumbuhan yang baik dalam beberapa tahun terakhir. Ketiganya juga dinilai Alfred konsisten dalam pembagian dividen.

Namun, Alfred belum memberikan rekomendasi untuk emiten-emitan pembagi dividen interim saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×