kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebentar lagi, IHSG menuju ke 5.300 saham berikut bisa jadi pilihan


Rabu, 19 Agustus 2020 / 06:00 WIB
Sebentar lagi, IHSG menuju ke 5.300 saham berikut bisa jadi pilihan

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini bakal kembali menguat. IHSG berhasil ditutup menguat 0,9% di level 5.295,17 pada Selasa 18 Agustus 2020. 

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas mengatakan, secara teknikal IHSG hari ini bergerak break out lower bollinger bands. Sehingga IHSG akan terus bergerak mengarah pada target MA200 di kisaran level 5.400 dengan track pergerakan uptrend jangka menengah. 

Baca Juga: Surplus neraca dagang naik, begini efeknya ke IHSG

Indikator stochastic menjenuh namun indikator RSI masih memberikan sinyal momentum positif yang cukup kuat. Sehingga secara teknikal IHSG hari ini menurut Lanjar, berpotensi melanjutkan penguatan dengan support resistance 5.240-5,400. 

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya ANTM, ACES, BRPT, CPIN, LPCK, TOWR.
 
IHSG hari ini menguat karena sektor keuangan yang naik 1,36% dan properti naik 1,21%. Data defisit neraca transaksi berjalan indonesia rilis jauh di bawah ekspektasi menjadi defisit US$ 2,9 miliar dari estimasi defisit US$ 10,5 miliar menjadi salah satu katalis positif pada perdagangan IHSG Selasa. 

Data lain juga cukup baik diantaranya neraca perdagangan yang surplus sebesar US$ 3,26 miliar beranding surplus US$ 1,25 miliar pada periode sebelumya. Meskipun aktifitas ekspor negatif sebesar 9,9% dari positif 2,09%. 

Baca Juga: Analis: IHSG diprediksi melanjutkan penguatan terbatas pada Rabu (18/8)

Surplusnya data neraca perdagangan lebih dikarenakan aktifitas impor turun signifikan sebesar negatif 32,55% dari negatif 6,39%. Katalis positif dari data makro ekonomi Indonesia menjadi faktor utama penguatan IHSG hingga akhir sesi perdagangan. Investor asing mulai konsisten tercatat net buy dimana kali ini tercatat aksi beli bersih sebesar Rp 128,70 miliar. Dimana saham BBRI yang ramai dibeli investor asing.

Administrasi Trump yang memicu ketegangan dengan China setelah mengumumkan pembatasan baru pada Huawei Technologies Co sehingga indeks berjangka AS terjatuh. Dari global hubungan geopolitik kembali memanas setelah mengumumkan pembatasan baru pada perusahaan teknologi China. 

Investor mencari jalan keluar dari kebuntuan atas stimulus fiskal tambahan di AS untuk membantu menopang ekonomi yang tertinggal. Wabah baru virus dan meningkatnya ketegangan AS-China menghadirkan komplikasi lain ketika Demokrat dan Republik fokus pada konvensi pencalonan presiden partai mereka minggu ini dan tahun depan. 

Selanjutnya investor akan terfokus pada Risalah rapat FOMC terbaru akan dirilis Rabu. Laporan persediaan minyak mentah EIA keluar Rabu. Komite Pemantau Bersama Kementerian panel meninjau perjanjian OPEC +  dijadwalkan bertemu pada hari Rabu sebagai indikator pergerakan ekuitas global selanjutnya.

Baca Juga: IHSG berhasil reli enam hari berturut-turut, ini penyebabnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×