kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah menguat Rp 14.194 per dolar hari ini , bagaimana nasib Selasa (3/9) besok?


Senin, 02 September 2019 / 17:24 WIB
Rupiah menguat Rp 14.194 per dolar hari ini , bagaimana nasib Selasa (3/9) besok?


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah kembali ditutup menguat di akhir perdagangan, Senin (2/9). Data Bloomberg menunjukan rupiah di pasar spot berada di level Rp 14.194 per dolar AS atau menguat tipis 0,02%.

Sedangkan kurs tengah berdasarkan BI juga menunjukkan penguatan 0,33% yang menempatkan rupiah berada di posisi Rp 14.190 per dolar AS. Penguatan yang terjadi pada awal pekan ini dinilai masih terbatas.

Analis Monex Investindo Ahmad Yudiawan mengatakan bahwa tidak ada sentimen baru yang ada pada hari ini. Menurutnya, sentimen utama masih datang dari kondisi perang dagang. Hal ini terkait dengan rencana perundingan antara AS dan China yang akan dilakukan.

Baca Juga: Rupiah hari ini ditutup menguat 0,03% di level Rp 14.194 per dolar AS

“Ini masih menjadi sentimen penopang yang positif untuk rupiah hari ini setelah sepekan sebelumnya sentimen ini juga mendominasi,” ujar Yudi.

Yudi bilang optimisme perundingan ini menyebabkan kondisi perang dagang mulai memudar. Oleh karena itu, ia menilai investor sudah mulai memilih untuk berada di aset berisiko daripada aset aman.

Selain itu, Yudi juga menyebutkan bahwa ada dampak positif juga dari data inflasi bulan Agustus yang di bawah ekspetasi. Ia bilang data tersebut menjadi amunisi rupiah untuk menguat yang disandingkan dengan sentimen kondisi perang dagang.

Ada juga sentimen dari terkoreksinya harga minyak. Menurut Yudi, harga minyak yang lebih murah bisa membantu transaksi berjalan Indonesia.

Baca Juga: Rupiah masih menguat 0,05% di angka Rp 14.191 per dolar AS

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan bahwa tidak banyak sentimen baru yang terjadi pada perdagangan hari ini. Ia bilang hal ini juga dipengaruhi oleh pasar AS yang hari ini tutup karena adanya libur nasional. “Volume perdagangan tipis juga hari ini karena US market tutup ada libur nasional,” ujar Josua.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×