kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Reli IHSG berlanjut, efek buyback saham atau rencana pembukaan ekonomi?


Kamis, 28 Mei 2020 / 21:28 WIB
Reli IHSG berlanjut, efek buyback saham atau rencana pembukaan ekonomi?
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,61% ke level 4.716,185, Kamis (28/5).

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,61% ke level 4.716,185, Kamis (28/5). Penguatan ini sekaligus melengkapi reli IHSG yang telah berlangsung sejak perdagangan perdana pasca libur Lebaran pada 26 Mei 2020.

Jika ditarik sepekan ke belakang, IHSG telah menguat 4,55%. Bahkan, dalam sebulan perdagangan, IHSG mulai menghijau dan menguat 2,67%.

Bersamaan, aksi pembelian kembali (buyback) saham yang dilakukan beberapa emiten terus bergulir. Melansir data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), per 27 Mei 2020, total jumlah realisasi buyback yang dilakukan oleh emiten BUMN dan emiten swasta mencapai Rp 1,56 triliun. Realisasi ini setara dengan 8,1% dari total rencana keseluruhan buyback yang direncanakan.

Baca Juga: IHSG diprediksi turun pada Jumat (29/5), berikut sentimennya

Sebagai pengingat, pada 9 Maret 2020 silam, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan semua emiten untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebagai upaya memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

Apakah penguatan yang dialami oleh IHSG merupakan dampak dari buyback saham yang dilakukan oleh emiten?

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani menilai, penguatan IHSG lebih karena apresiasi pelaku pasar atas pembukaan kembali perekonomian secara bertahap. Asal tahu, pemerintah telah memberikan isyarat pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menyiapkan skenario kenormalan baru.

“Kalau buyback ini sebenarnya memainkan peran dalam menjaga saham dari kejatuhan saja. Sedangkan kalau kenaikan harga lebih karena optimisme investor,” ujar Hendriko kepada Kontan.co.id, Kamis (28/5).

Selain optimisme atas aktivitas ekonomi yang kembali menggeliat, Hendriko mengamini naiknya IHSG juga dilatarbelakangi oleh pembagian dividen yang dilakukan oleh beberapa emiten.

Kontan.co.id mencatat, beberapa emiten besar akan mencatatkan tanggal/periode cum dividen pada akhir bulan ini. Sebut saja dividen PT H.M Sampoerna Tbk (HMSP) yang akan memasuki periode cum dividend di pasar reguler dan negosiasi pada Jumat (29/5).

Baca Juga: Ini 10 saham terbesar yang diborong asing pada perdagangan Kamis (28/5)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×