kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi Beli dan Akumulasi Saham GOTO oleh Investor Asing


Senin, 19 Desember 2022 / 18:30 WIB
Rekomendasi Beli dan Akumulasi Saham GOTO oleh Investor Asing
ILUSTRASI. GoTo Gojek Tokopedia - kontan kilas online


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rekomendasi BELI (BUY) terhadap saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus bermunculan. Aksi beli juga mulai dilakukan fund manager asing pasca dilakukannya penjelasan pada Public Expose Insidentil oleh manajemen perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia itu.

Riset Mandiri Sekuritas merekomendasikan BELI saham GOTO dengan target harga (Target Price/TP) Rp230 per saham. Potensi kenaikan sebesar 139,6% dibandingkan Rp96 harga penutupan pekan lalu.

Dalam risetnya, analis Mandiri Sekuritas, Adrian Joezer dan Ryan Aristo menyoroti poin positif berupa potensi breakeven (titik impas) dari sisi EBITDA secara total yang kemungkinan mencapai tiga perempatnya pada kuartal pertama 2025.

“Kami memasukkan tingkat pengambilan (take rate) e-commerce yang lebih tinggi dan langkah-langkah efisiensi biaya, meskipun menurunkan estimasi GTV (Gross Transaction Value)” ungkapnya pada riset Fokus GOTO dirilis pada 16 Desember 2022.

Baca Juga: Merah, Harga Saham BBRI & GOTO Kompak Anjlok di Perdagangan Bursa Senin (19/12)

Dari sisi pergerakan harga saham, menurutnya, sementara ini memang masih akan terus terjadi tekanan jual. Meski begitu, imbal hasil risiko jangka panjang GOTO dinilai semakin menarik karena valuasinya telah sesuai dengan Sea (induk Shopee) dan Grab. “Jalur progresif menuju profitabilitas akan menjadi katalis utama,” terangnya.

Sejalan dengan itu, riset Ciptadana Sekuritas Asia juga merekomendasikan BUY saham GOTO dengan target price Rp190 per saham. Angka tersebut 118,4% potensi kenaikannya dibandingkan Rp87 sebagai patokan saat riset ini disusun.

Terlepas dari “hang over” tekanan penjualan sahamnya, tim analis Ciptadana memberikan pandangan bahwa GOTO tetap pemimpin pasar dengan ekosistem terbesar di Indonesia. Selain itu, Ciptadana juga yakin bahwa GOTO berada di jalur yang tepat untuk mencapai profitabilitas.

Pada kondisi harga saham saat ini, Ciptadana menilai bahwa GOTO masih undervalue karena harga saham GOTO dijual 2,0 x EV/gross sales, dibandingkan Sea Limited (2,3 x) dan Grab (3,4 x).

Sama seperti Mandiri Sekuritas, riset Ciptadana Sekuritas juga menyoroti potensi kenaikan pendapatan GOTO dari segmen bisnis e-Commerce yaitu penerimaan lebih tinggi take-rate Tokopedia.

“Kami yakin Tokopedia akan mampu mempertahankan pangsa pasarnya karena tingkat penerimaan yang meningkat merupakan tren di industri ini. Kami memahami bahwa Shopee Indonesia juga bermaksud menaikkan biaya komisi untuk merchant Star dan non-Star yang juga akan berlaku efektif pada Januari 2023,” ungkap riset ini.

Baca Juga: Menakar Prospek Saham GOTO Menjadi Konstituen Indeks Global




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×